Resep Sambal Bawang yang Menggoda Lidah dengan Kombinasi Pedas dan Gurih

Resep Sambal Bawang yang Menggoda Lidah dengan Kombinasi Pedas dan Gurih

Ilustrasi sambal bawang--Freepik

2. Goreng Cabai dan Bahan Lainnya

Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Masukkan semua jenis cabai, dan bawang putih kedalam wajan.

Tumis cabai dan bawang putih hingga layu dan matang sempurna. Pastikan untuk tetap mengaduk agar bahan-bahan tidak gosong.

3. Haluskan Bahan

Tiriskan cabai dan bawang, dan taruh kedalam wadah. Tambahkan gula dan garam, kemudian haluskan menggunakan ulekan atau blender sesuai dengan tekstur yang diinginkan.

Beberapa orang lebih suka sambal bawang dengan tekstur kasar, sementara yang lain lebih menyukai sambal yang halus dan lembut.

4. Penyajian

Sambal bawang siap disajikan. Pindahkan ke dalam wadah bersih dan kedap udara untuk menyimpannya. Sambal bawang dapat disimpan dalam lemari es dan akan bertahan selama beberapa minggu.

BACA JUGA:5 Cara Ampuh Mengurangi Jerawat secara Alami

Tips Tambahan

1. Keamanan

Pastikan untuk menggunakan alat-alat yang bersih dan kering saat membuat sambal. Hindari menyentuh mata atau bagian tubuh lainnya setelah mengolah cabai tanpa mencuci tangan terlebih dahulu karena dapat menyebabkan iritasi kulit.

2. Penyesuaian Kepedasan

Jumlah dan jenis cabai yang digunakan dapat disesuaikan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan. Untuk sambal bawang yang lebih pedas, tambahkan lebih banyak cabe rawit merah atau hijau. 

3. Penggunaan Terasi 

Terasi adalah bahan tambahan yang memberikan rasa gurih khas pada sambal bawang. Namun, jika Anda tidak menyukai atau tidak memiliki terasi, Anda bisa saja menghilangkannya dari resep ini.

Sumber: