6 Penyesalan Terbesar di Masa Tua, Jangan Sampai Mengalami Ini

6 Penyesalan Terbesar di Masa Tua, Jangan Sampai Mengalami Ini

Penyesalan Terbesar di Masa Tua-Ilustrasi/Unsplash/Raul Petri-

RADAR JABAR - Sekarang kita akan membahas tentang bentuk penyesalan di masa tua. Pernahkah anda membayangkan bagaimana rasanya ketika anda sudah berusia tua?

Tapi semua orang pasti akan mengalami masa tua jika diberi umur panjang. Namun, tidak semua orang siap menerima atau menghadapi kenyataan tersebut.

Banyak sekali yang terpuruk di masa tua mereka, dan tidak sedikit yang larut dalam kesedihan atau penyesalan karena tidak melakukan apa yang sebaiknya mereka lakukan, atau melakukan apa yang seharusnya tidak dilakukan di masa muda mereka.

Menyesali semua hal buruk yang telah terjadi memang penting sepanjang itu dijadikan sebagai renungan dan bahan evaluasi, namun alangkah lebih baik lagi jika bisa memastikan masa tua kita akan terhindar dari penyesalan akibat keputusan yang diambil hari ini.

Penyesalan Terbesar di Masa Tua

Berikut adalah bentuk penyesalan terbesar yang sering dirasakan banyak orang di masa tua. Sebelum terlambat, kamu bisa mempersiapkannya sejak dini.

1. Tidak Sungguh-Sungguh Dalam Bekerja

Sebagian orang menganggap bahwa bekerja adalah sekedar menyelesaikan tugas tanpa ada niat untuk menguasai suatu keahlian atau keterampilan tertentu, atau untuk mencapai prestasi di pekerjaannya.

BACA JUGA:7 Cara Agar Orang Bisa Ingat Kita Selamanya

Jika anda hanya menyelesaikan pekerjaan dan menerima gaji setiap bulannya tanpa pernah peduli atau memikirkan keberlangsungan atau kemajuan karir anda, maka jangan terkejut jika karir Anda tidak akan cemerlang, dan konsekuensinya adalah kesejahteraan Anda juga cenderung akan stagnan.

Bagi Anda yang menjadi wirausahawan, sikap cepat puas dan tidak ulet akan menyebabkan usaha anda sulit berkembang, atau bahkan bisa bangkrut. Selain niat dan kesungguhan dalam meniti karir ataupun menjalankan usaha, kita juga perlu memiliki kegigihan dan tekad untuk memberikan yang terbaik baik untuk perusahaan jika anda menjadi pekerja biasa, atau untuk pelanggan jika anda menjadi pengusaha.

Penting juga bahwa karir ataupun usaha yang Anda jalankan dapat memberikan manfaat atau nilai tambah bagi masyarakat. Ini yang menjelaskan mengapa ada orang yang selektif memilih perusahaan tempat dia bekerja atau memilih jenis usaha yang akan dijalaninya.

2. Tidak Menjaga Kesehatan

Saat Anda masih muda rasanya tidak ada keterbatasan fisik yang bisa menghalangi niat anda untuk bekerja, bepergian, atau melakukan aktivitas yang anda sukai. Namun seiring dengan pertambahan usia, tidak dapat dipungkiri bahwa kondisi fisik akan semakin menurun, dan tidak jarang penyakit kronis akan mendera gaya hidup yang tidak sehat.

Misalnya, malas berolahraga atau bergerak, tidak bisa menjaga keseimbangan gizi, kurang istirahat, merokok, mengkonsumsi alkohol, atau bahkan narkoba berpotensi mengganggu kesehatan dan kebugaran tubuh anda.

Jika ini berlangsung dalam waktu cukup lama, tidak tertutup kemungkinan Anda bisa didera penyakit serius seperti kanker, stroke, kencing manis, atau pengerasan hati.

Jika anda sakit serius pada masa tua, pernahkah terbayangkan bagaimana repotnya Anda, apalagi jika anda sudah tidak dalam masa produktif, sehingga selain kondisi fisik sudah menurun, Anda juga mungkin tidak punya cukup uang untuk membiayai pengobatan.

3. Tidak Ada Persiapan Untuk Pensiun

Sumber: