AMIN di Posisi Nomor Dua Survei CSIS, Kontribusi Seluruh Relawan Hingga Pendukung

AMIN di Posisi Nomor Dua Survei CSIS, Kontribusi Seluruh Relawan Hingga Pendukung

Calon Presiden Anies Baswedan saat di acara Desak Anies bersama nelayan di Banyuwangi--

 

JAKARTA - Hasil survei terbaru dari Center for Strategic and International Studies (CSIS) mengungkapkan elektabilitas pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) berada di posisi kedua mengungguli paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

 

Merespons hal itu, Juru Bicara Tim Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN), M. Fachri Muchtar menilai saat ini pihaknya sedang berada di track yang benar untuk memenangkan kontestasi Pilpres 2024.

 

"Survei CSIS di mana pasangan Anies-Muhaimin berada di posisi kedua kami melihat ini sebagai hal yang bagus dan menarik. Kami sangat senang dengan survei ini," kata Fachri, Kamis (28/12). 

 

Ia menyebut, meroketnya elektabilitas pasangan dengan akronim AMIN tersebut tak lepas dari kontribusi seluruh pihak yang mendukung paslon nomor urut 1 tersebut.

 

"Kenaikan elektabilitas AMIN ini tak lepas dari kontribusi para relawan, simpatisan, kader-kader partai pendukung dan pengusung yang bekerja begitu keras untuk mengenalkan serta menyebarkan visi-misi, gagasan pasangan AMIN," tukas Fachri.

 

"Dan mereka ini semua tidak dibayar. Mereka bergerak atas dasar kecintaannya untuk Indonesia. Mereka ingin Indonesia yang adil, makmur untuk semua. Ini menjadi angin segar bahwa masyarakat semakin yakin akan dibutuhkannya perubahan," tandasnya.

 

Sebagai informasi, dalam hasil survei CSIS menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran saat ini masih menduduki posisi pertama dengan 43,7 persen. 

 

Sementara pasangan Anies-Muhaimin menempati posisi kedua dengan angka 26,1 persen dan pasangan Ganjar-Mahfud di posisi buncit dengan angka 19,4 persen. 

 

Survei CSIS tersebut digelar pada 13-18 Desember 2023. Menggunakan 1.300 responden di 34 provinsi dengan metode multistage random sampling. CSIS menetapkan margin of error plus minus 2,7 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

 

Sementara Juru Bicara (Jubir) Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) lainnya, Billy David Nerotumilena juga merespons hasil survei Center for Strategic and International Studies (CSIS) yang menunjukkan elektabilitas pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berada di posisi kedua. 

 

Paslon yang akrab dengan akronim AMIN tersebut berhasil meraih angka 26,1 persen dan melampaui pasangan Ganjar-Mahfud yang berada di urutan ketiga dengan 19,4 persen. 

 

"Kami mensyukuri hasil survei CSIS karena ini merupakan cerminan dari kerja-kerja elektoral selama ini menunjukkan hasilnya sehingga angkanya naik signifikan," kata Billy saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (28/12).

 

Kendati berhasil menyalip posisi paslon nomor urut 3, Billy tidak terlena. Ia menilai elektabilitas untuk pasangan AMIN masih bisa terus merangkak naik.

 

"Timnas AMIN mempercayai angkanya akan terus naik dan membaik sampai 40 persen dan hasil nyata akan kita dapatkan 14 Februari 2024," tukasnya. 

 

"Selain agenda pilpres, fenomena debat, Timnas AMIN mengapresiasi kerja-kerja partai koalisi, kerja relawan, simpatisan dan siapapun yang mendukung AMIN," lanjutnya.

 

Lebih lanjut, Billy juga menyebutkan bahwa pihaknya optimis dengan adanya kemungkinan dua putaran dalam Pilpres 2024 mendatang. 

 

"Realistis angka matematis tentu akan ada dua putaran, namun AMIN siap berkoalisi atau berkompetisi dengan sehat dengan siapapun nanti di putaran kedua," pungkasnya. (*)

Sumber: