9 Sisi Gelap Pangeran Muhammed bin Salman, Buat Arab Saudi Makin Kontroversial

9 Sisi Gelap Pangeran Muhammed bin Salman, Buat Arab Saudi Makin Kontroversial

Sisi Gelap Pangeran Arab Saudi Muhammed bin Salman-EPA/BBC-

RADAR JABAR - Muhammed bin Salman, atau yang akrab disapa MBS, adalah sosok yang penuh misteri dan memiliki beberapa sisi gelap. Sebagai calon kuat pengganti ayahnya, Raja Salman bin Abdul Aziz al-Saud, sebelum naik tahta, MBS telah menjadi penguasa de facto kerajaan.

Ia dikenal sebagai tokoh yang mengubah citra Arab Saudi di mata dunia melalui program-program pembaharuan yang mencengangkan, dengan penegakan hukum yang ketat sesuai prinsip Islam.

MBS melangkah sebagai pemimpin muda yang memberanikan diri untuk menggoyang tradisi lama yang telah lama berjalan di Arab Saudi.

Meskipun mendapat apresiasi dan pujian, terutama dari perspektif Barat, putra mahkota ini juga menjadi sorotan publik karena terdapat sejumlah sisi gelap dan kontroversi yang melekat padanya.

9 Sisi Gelap Muhammed bin Salman

Berikut adalah fakta sisi gelap putra mahkota Arab Saudi, pangeran Muhammed bin Salman yang kerap membuat berbagai kontroversi di negaranya.

1. Gaya Hidup Glamor

MBS menjadi perbincangan hangat di kalangan publik setelah buku merinci gaya hidupnya terbit. Terungkap bahwa Pangeran Arab ini sering menggelar pesta mewah dengan pengeluaran fantastis di pulau pribadinya di Maladewa. Pesta ini menyuguhkan kemewahan dengan melibatkan sekitar 150 wanita cantik dari Brazil, Rusia, dan wilayah lainnya.

BACA JUGA:6 Sisi Gelap Presiden Soekarno yang Tak Terlupakan, Buaya hingga Diktator Jawa Sentris

Sebagai Wakil Perdana Menteri, pewaris tahta, dan salah satu orang terkaya di Arab, MBS menggelar pesta selama hampir satu bulan di sebuah villa di pulau yang dilengkapi dengan beberapa vila pribadi menghadap ke perairan biru Samudra Hindia.

Villa tersebut memiliki deck pribadi, kolam renang, bahkan mesin salju yang dibawa khusus untuk pengunjung bermain dengan badai salju buatan di pantai tropis.

Menurut buku "Blood and Oil" karya Bradley Hope dan Justin Schneck, biaya pesta mencapai 50 juta USD atau sekitar 732 miliar Rupiah.

Setiap dari 300 staf resor menerima tips sebesar 5.000 USD atau sekitar 73 juta Rupiah, padahal gaji rata-rata pekerja di sana hanya berkisar antara 1.000 hingga 11.200 USD, atau setara dengan 14 juta hingga 17 juta Rupiah per bulan.

MBS tidak ragu membawa bintang tamu ternama mancanegara seperti Pitbull, rapper Korea Psy, DJ Afrojack, Jennifer Lopez, dan Shakira dalam acara tersebut.

2. Keluarkan Kebijakan-Kebijakan Kontroversial

Selama masa jabatannya, MBS mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang terbilang aneh dan terlihat jauh dari kesan alim yang menjadi ciri khas Arab Saudi. Dari berbagai kebijakannya, terdapat empat yang paling mencuri perhatian dunia, khususnya warga Muslim. Berikut adalah contoh kebijakan kontroversialnya:

  • Wanita Bebas Keluar Rumah

Menyimpang dari norma dalam syariat Islam di Arab, wanita sebelumnya dianggap fitrahnya berada di rumah, mengurus suami dan anak-anak, sementara kaum pria bertanggung jawab mencari nafkah. Namun, dalam kebijakan MBS, wanita di negara penghasil minyak terbesar di dunia diizinkan keluar rumah dengan kebebasan penuh, termasuk mengendarai mobil, bekerja, berjalan-jalan, dan lain sebagainya.

  • Wanita Diizinkan Berbikini di Pantai

Sumber: