7 Fakta Menarik Bintang Laut yang Jarang Diketahui, Kemampuannya Menakjubkan Seperti Patrick Star?

7 Fakta Menarik Bintang Laut yang Jarang Diketahui, Kemampuannya Menakjubkan Seperti Patrick Star?

7 Fakta Menarik Tentang Bintang Laut yang Jarang Diketahui, Punya Kemampuan Unik Seperti Patrick Star?-Bintang Laut-Pixabay

Radar Jabar – Untuk Anda yang menyukai pengetahuan tentang fauna terutama yang hidup di laut, kami memiliki informasi menarik. Inilah tujuh fakta menarik tentang bintang laut yang jarang diketahui, salah satunya pernah dilakukan Patrick Star bestie Spongebob.

 

Bintang laut adalah salah satu hewan laut yang sudah banyak dan sangat dikenal oleh kalangan masyarakat. Apalagi dengan kehadiran kartun Spongebob Squarepants yang menampilkan karakter bintang laut bernama Patrick Star.

 

Hewan yang biasa dikenal sebagai sea stars atau starfish tersebut umumnya kita temukan di pesisir pantai dan paling banyak di dasar laut. Bintang laut adalah salah satu hewan invertebrata yang berkembang biak dengan cara bertelur atau beranak alias ovovivipar.

 

Sebagaimana hewan-hewan lainnya yang ada di dunia, bintang laut juga kaya akan fakta-fakta menarik bahkan ada yang tidak banyak orang tahu. Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah tujuh fakta menarik tentang bintang laut yang jarang diketahui.

 

BACA JUGA:8 Fakta Unik Squidward Tentacles, Gurita Toska Tetangga Spongebob Squarepants

 

1.      Bukan Ikan

Jika Anda mengira bahwa bintang laut bukanlah ikan, selamat karena itu memang benar. Menurut National Geographic dilansir dari Kumparan, biota laut ini bukan termasuk ikan meski namanya starfish dalam bahas Inggris.

 

Alih-alih ikan, bintang laut masuk kategori filum Echinodermata yang sejenis dengan biota bulu babi dan sand dollar.

 

2.      Punya Perisai Pelindung

Bintang laut juga dilindungi oleh perisai berupa cangkang kaku bertekstur kasar bahkan berduri, tergantung spesiesnya. Hewan ini dilapisi kalsium karbonat dengan duri-duri kecil hal ini membuat ikan, burung, dan bahkan berang-berang laut mendapat halangan untuk melancarkan serangan.

 

3.      Tidak Semua Bintang Laut Berbentuk Bintang

Meski bernama bintang, laut ternyata tidak semua biota tersebut memiliki bentuk seperti bintang demikian menurut Cool Kids Fact dikutip dari IDN Times. Ada juga lho bintang laut yang berukuran bundar dan tampak menggumpal, bintang laut mahkota berduri yang dilaporkan jumlah lengannya sebanyak 21, dan bintang-bintang laut unik lainnya.

 

BACA JUGA:6 Fakta Unik Patrick Star Bintang Laut Pink Sahabat Spongebob Squarepants

 

4.      Bukan Hanya Memiliki Lima Lengan

Di fakta nomor empat dijelaskan bahwa ada bintang laut dengan 21 lengan. Ya memang bintang laut berlengan lima adalah kategori yang paling umum saja.

 

Hal itu karena dari total 2.000 spesies yang ada di muka bumi, masih ada bintang laut yang punya jumlah 10, 20, sampai 40 tangan.

 

5.      Mampu Meregenerasi Bagian Tubuh yang Rusak

Dalam salah satu episode kartun Spongebob Squarepants, Patrick pernah harus memotong bagian tangannya karena tidak mau berhenti membelah objek. Namun bintang laut yang tinggal di bawah batu itu bisa menumbuhkan lagi tangannya.

 

Kejadian tersebut juga ternyata salah satu kemampuan bintang laut asli. bahkan selain lengannya, mereka juga bisa meregenerasi semua anggota badannya. Bintang laut bisa melakukan pemulihan ini dengan menempatkan semua organ vitalnya di lengan.

 

Beberapa bintang laut membutuhkan tubuh bagian sentral untuk dapat tumbuh secara sempurna seperti sediakala. Akan tetapi beberapa jenis spesies lainnya bisa tumbuh seperti terlahir kembali hanya dari sisa potongan lengan mereka.

 

BACA JUGA:10 Fakta Unik Tentang Kopi

 

6.      Bintang Laut Bisa Dimakan

Fakta menarik sekaligus unik lainnya ialah bintang laut bisa dimakan. Beberapa kota, termasuk Beijing di China, bintang laut disajikan sebagai sushi dan dijual oleh pedagang kaki lima.

 

Beberapa orang menilai rasanya seperti kepiting sungai atau bulu babi meski ada juga yang mengklaim rasanya sangat hambar. Oleh karena itu bintang laut ada yang menyukainya dan ada pula yang tidak.

 

7.      Bintang Laut Tidak Memiliki Darah dan Otak

Karena tidak punya otak, bintang laut memiliki sederet pleskus saraf atau jaringan saraf. Ini layaknya otak mini yang saling terhubung guna menggerakan bagian tubuh ketika berkomunikasi satu sama lain.

 

Selain itu hewan tersebut juga tidak memiliki darah menurut ThoughtCo. Sistem peredaran ‘darah’ bintang laut mayoritas terdiri dari air laut, yang dipompa ke sistem vascular lewat pelat saringannya.

 

Itulah tujuh fakta menarik tentang bintang laut yang jarang diketahui oleh banyak orang. Semoga informasi-informasi ini menambah pengetahuanmu.

Sumber: