Garut Raih Penghargaan Kabupaten Terbaik dalam Perkembangan Koperasi

Garut Raih Penghargaan Kabupaten Terbaik dalam Perkembangan Koperasi

Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin (kiri) menyerahkan piagam penghargaan sebagai Kabupaten/Kota yang Aktif Mendorong Perkembangan Koperasi dan Mendukung Kemajuan Perkoperasian kepada Penjabat Bupati Garut Barnas Adjidin dalam acara Hari Koperasi k--ANTARA/HO-Diskominfo Garut

RADAR JABAR - Kabupaten Garut, Jawa Barat, menerima penghargaan sebagai Kabupaten/Kota yang Aktif Mendorong Perkembangan Koperasi dan Mendukung Kemajuan Perkoperasian. Penghargaan ini diberikan pada peringatan Hari Koperasi ke-77 tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2024 di Kabupaten Karawang, Jumat.

Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, menyerahkan penghargaan tersebut langsung kepada Penjabat Bupati Garut, Barnas Adjidin, serta beberapa kepala daerah lainnya yang juga mendapat penghargaan pada acara tersebut.

BACA JUGA:BNPT Menjadikan Bogor sebagai Percontohan Kabupaten Kebangsaan

"Alhamdulillah Kabupaten Garut mendapatkan penghargaan yaitu kota yang aktif mendorong perkembangan koperasi dan mendukung kemajuan perkoperasian di Jawa Barat," ujar Barnas.

Barnas menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan hasil dari kerja sama berbagai pihak dalam mengembangkan koperasi di Garut. Penghargaan ini, menurutnya, adalah sebuah kebanggaan yang harus diikuti dengan langkah-langkah nyata untuk lebih memajukan koperasi di Garut di masa depan.

"Melalui koperasi masyarakat yang berkoperasi ini lebih sejahtera," tambahnya.

BACA JUGA:Polisi Cianjur Pastikan Jalur Cianjur-Sukabumi Dapat Dilalui Pasca Kecelakaan Beruntun

Barnas menekankan bahwa peringatan Hari Koperasi bukan hanya slogan, melainkan dorongan bagi Pemerintah Kabupaten Garut dan semua pihak untuk membentuk koperasi di setiap lembaga dan wilayah. Kehadiran koperasi di masyarakat, kata dia, dapat memberikan manfaat untuk kesejahteraan bersama dan menjadi penangkal dari maraknya pinjaman dan perjudian daring.

"Koperasi itu menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti misalnya terkenanya judi online, pinjol, dan lain sebagainya, karena koperasi merupakan suatu lembaga yang dapat menangkal daripada tindakan-tindakan yang bisa merugikan daripada suatu kelompok," jelasnya.

BACA JUGA:Biskita Trans Depok Tingkatkan Layanan yang Setara Dengan LRT dan MRT

Ia berharap Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Mikro (Diskop UKM) Kabupaten Garut dan jajarannya terus berinovasi dan mengedukasi masyarakat tentang manfaat koperasi. Koperasi, menurutnya, harus bisa tumbuh dengan cepat mengikuti perkembangan zaman dan tidak kalah dengan situasi apapun di masyarakat.

"Bagaimana mengembangkan koperasi-koperasi yang sudah ada, dan tentunya dengan adanya perkembangan yang cepat, koperasi juga harus semakin cepat, tidak kalah oleh kondisi keadaan terkini, saya harapkan koperasi bisa menjadi payung perlindungan bagi warga yang ada di dalam koperasi itu," tutupnya.

Sumber: antara