8 Manfaat Buah Mengkudu yang Bagus Untuk Kesehatan, Biasa Dijadikan Obat Tradisional

8 Manfaat Buah Mengkudu yang Bagus Untuk Kesehatan, Biasa Dijadikan Obat Tradisional

8 Manfaat Buah Mengkudu yang Bagus Untuk Kesehatan, Biasa Dijadikan Obat Tradisional--Istimewa

BACA JUGA: 5 Manfaat Buah Manggis yang Kaya Antioksidan Tinggi untuk Tubuh? Cek Disini!

 

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah mengkudu juga dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah ini.

Vitamin C adalah nutrisi penting yang berperan dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dengan merangsang produksi sel darah putih, yang merupakan garis pertahanan utama tubuh terhadap infeksi.

Selain itu, mengkudu mengandung senyawa polisakarida yang memiliki efek imunomodulator. Penelitian yang diterbitkan dalam "Journal of Ethnopharmacology" menunjukkan bahwa ekstrak buah mengkudu dapat meningkatkan aktivitas makrofag, yaitu sel-sel kekebalan yang berperan dalam menangkap dan menghancurkan patogen.

4. Mengurangi Nyeri dan Peradangan

Buah mengkudu telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meredakan nyeri dan peradangan. Beberapa studi ilmiah mendukung klaim ini, menunjukkan bahwa buah mengkudu memiliki sifat analgesik (pereda nyeri) dan antiinflamasi.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam "Pacific Science", ekstrak mengkudu ditemukan dapat mengurangi nyeri pada tikus percobaan yang diinduksi dengan zat pemicu peradangan.

Efek ini diyakini berasal dari senyawa-senyawa iridoid dalam buah mengkudu, yang memiliki kemampuan untuk menghambat enzim-enzim yang memicu peradangan.

5. Membantu Mengelola Diabetes

Mengatur kadar gula darah adalah kunci dalam pengelolaan diabetes, dan buah mengkudu dapat memainkan peran penting dalam hal ini. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkudu dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam "Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine" menemukan bahwa ekstrak mengkudu dapat menurunkan kadar gula darah pada tikus diabetes.

Efek ini kemungkinan disebabkan oleh senyawa iridoid dan polisakarida dalam buah mengkudu yang dapat meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel-sel tubuh dan mengurangi produksi glukosa oleh hati.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Mengonsumsi buah mengkudu atau menggunakan produk berbasis mengkudu pada kulit dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan kulit. Antioksidan dalam buah mengkudu dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet (UV) dan polusi lingkungan.

Selain itu, mengkudu juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat dan infeksi.

Penelitian yang diterbitkan dalam "Journal of Medicinal Food" menunjukkan bahwa ekstrak mengkudu dapat meningkatkan produksi kolagen dan elastin, dua protein penting yang menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. Ini berarti bahwa mengkudu juga dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan garis-garis halus.

7. Menyokong Kesehatan Pencernaan

Buah mengkudu juga bermanfaat bagi sistem pencernaan. Serat yang terdapat dalam buah ini dapat membantu memperlancar proses pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, mengkudu memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu menjaga keseimbangan mikrobiota usus, yaitu komunitas bakteri baik yang penting untuk kesehatan pencernaan.

Sumber: