10 Jenis Teh Hijau dengan Berbagai Manfaatnya Bagi Kesehatan, Terkenal di Jepang dan di China

10 Jenis Teh Hijau dengan Berbagai Manfaatnya Bagi Kesehatan, Terkenal di Jepang dan di China

Ilustrasi--Sumber gambar: freepik.com

RADAR JABAR -Teh hijau telah lama dikenal sebagai minuman yang menyehatkan dan dipercaya memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Kandungan-kandungan yang terdapat di dalamnya menawarkan potensi luar biasa untuk meningkatkan kesejahteraan tubuh.

Teh hijau menjadi pilihan minuman harian bagi banyak orang, dianjurkan untuk dikonsumsi secara teratur. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat berbagai jenis Teh hijau yang berbeda, masing-masing dengan karakteristik uniknya sendiri? Perbedaan ini terutama disebabkan oleh cara pengolahan yang berbeda antara jenis-jenis teh.

Mayoritas jenis teh hijau ini telah dikembangkan dan dikonsumsi dengan cara yang berbeda di berbagai negara, terutama di China dan Jepang.

 

Berikut adalah 10 jenis teh hijau yang dikenal dan manfaat kesehatan yang dimilikinya:

 

1. Sencha

Merupakan jenis teh hijau yang paling umum digunakan, terutama di Jepang. Dikembangkan di bawah sinar matahari, sencha memiliki kualitas terbaik karena dipanen pada tahap awal pertumbuhannya. Kandungan vitamin C yang tinggi menjadikannya baik untuk sistem kekebalan tubuh dan melawan demam.

2. Gyokuro

Proses pengembangbiakan gyokuro serupa dengan sencha, namun sebelum dipanen, teh ini ditutupi dari sinar matahari. Hal ini menghasilkan rasa lebih manis karena kandungan asam amino yang tinggi. Selain itu, kandungan kafein dan klorofilnya tinggi, bermanfaat untuk merangsang otak dan menjaga kesehatan kulit.

3. Tencha

Mirip dengan gyokuro dalam teknik penanamannya, tencha memiliki proses penggilingan yang berbeda, menjadikannya lebih kaya akan nutrisi. Dikenal membantu meningkatkan energi dan metabolisme, cocok untuk diminum sebelum atau setelah berolahraga.

 

BACA JUGA: 4 Waktu yang Baik Konsumsi Teh HIjau untik Diet Menurunkan Berat Badan

Sumber: