Pemkab Purwakarta Pastikan Ketersediaan Daging Sehat Selama Periode Ramadhan hingga Lebaran

Pemkab Purwakarta Pastikan Ketersediaan Daging Sehat Selama Periode Ramadhan hingga Lebaran

Ilustrasi --Freepik/wirestock

RADAR JABAR - Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, bersiap untuk memastikan ketersediaan daging yang sehat dan layak untuk dikonsumsi selama bulan suci Ramadhan hingga Lebaran 2024 dengan menggelar vaksinasi bagi ribuan hewan ternak di wilayah tersebut.

Siti Ida Hamidah selaku Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Purwakarta, dalam pernyataannya di Purwakarta pada hari Senin, upaya vaksinasi dilakukan oleh tim kesehatan hewan ternak yang tersebar di seluruh peternakan masyarakat dan pasar hewan.

"Tim kesehatan hewan ternak dari Dinas kami terjunkan ke semua lokasi peternakan dan semua pasar hewan. Kami ingin memastikan semua hewan dalam kondisi sehat dan dagingnya layak konsumsi," ujarnya.

BACA JUGA:Banjir Bandang Terjang Cipongkor Bandung Barat, Akibatkan 30 Rumah Terendam

Langkah ini diambil secara serius mengingat permintaan akan daging diprediksi akan meningkat selama bulan Ramadhan hingga Lebaran. Dilaporkan bahwa hingga saat ini, ribuan hewan ternak di Purwakarta telah disuntik vaksin untuk menangani penularan dan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).

Vaksinasi dilakukan pada hewan ternak seperti sapi, kerbau, domba, dan kambing dengan tujuan untuk menjamin ketersediaan daging yang sehat dan layak konsumsi selama bulan suci Ramadhan hingga puncaknya pada Lebaran.

BACA JUGA:Gus Ahad Beri Selamat Setelah Estafetkan Kursi PKS DPRD Jabar kepada Budiwanto

Rudi Hartono selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Purwakarta, menyatakan bahwa langkah vaksinasi ribuan hewan ternak ini merupakan instruksi dari Penjabat Bupati Benni Irwan kepada Dinas Peternakan dan Perikanan Purwakarta.

"Pj Bupati ingin memastikan ketersediaan daging sehat untuk konsumsi Ramadhan dan lebaran. Langkah vaksinasi itu juga sekaligus untuk memutus dan mencegah penularan dan penyebaran lebih luas penyakit PMK yang terjadi di daerah lain," ujarnya.

BACA JUGA:Pasar Jambu Dua dan Pasar Sukasari Direncanakan Menjadi Pasar yang Bersih

Selama periode 2023 hingga Maret 2024, sebanyak 26.208 ekor hewan ternak sapi, kerbau, domba, dan kambing telah divaksinasi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 24.284 hewan ternak telah disuntik vaksin PMK pada tahun 2023, termasuk sapi sebanyak 10.794 ekor, kerbau 2.147 ekor, domba 10.275 ekor, dan kambing 1.068 ekor.

 

Sementara itu, jumlah hewan ternak yang divaksinasi pada periode Januari hingga Maret 2024 mencapai 1.924 ekor, termasuk sapi sebanyak 458 ekor, kerbau 93 ekor, domba 1.158 ekor, dan kambing 215 ekor.*

Sumber: antara