Pasar Jambu Dua dan Pasar Sukasari Direncanakan Menjadi Pasar yang Bersih

Pasar Jambu Dua dan Pasar Sukasari Direncanakan Menjadi Pasar yang Bersih

Lorong Pasar Jambu Dua, Kota Bogor, yang dicanangkan jadi pasar bersih.--ANTARA/Diskominfo Kota Bogor

RADAR JABAR - Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor, Jawa Barat, menetapkan Pasar Jambu Dua dan Pasar Gembrong Sukasari yang sedang dalam tahap pembangunan sebagai pasar yang bersih. Jenal Abidin selaku Direktur Utama (Dirut) Perumda PPJ, mengungkapkan bahwa revitalisasi dua pasar tersebut bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada para pedagang dengan berbagai fasilitas dan kemudahan.

Untuk Pasar Jambu Dua, Jenal menyatakan bahwa pasar tersebut akan menampung pedagang eksisting dari Pasar Jambu Dua dan pedagang produk basah dari Pasar Bogor.

“Pasar Jambu Dua ini menampung pedagang eksisting di Pasar Jambu Dua dan pedagang eksisting pedagang basah Pasar Bogor,” ungkapnya.

BACA JUGA:Dinkes Bogor Catat 348 Kasus DBD Selama Periode Maret 2024

Pasar Jambu Dua, yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani No.83, Kelurahan Tanah Sareal, memiliki komoditas utama seperti sembako, sayur-sayuran, daging, buah-buahan, emas, pakaian, dan barang elektronik. Diketahui, pasar ini memiliki total 1.141 unit kios dan los yang beroperasi 24 jam serta dilengkapi dengan tempat parkir.

Jenal menjelaskan bahwa saat ini pasar dapat diakses dari Jalan Pajajaran dengan masuk ke arah kiri langsung ke pasar, dan keluar melalui jalan Ahmad Yani.

“Kami ingin ada akses dua arah, sedang kami diskusikan dan dikomunikasikan dengan dinas terkait, termasuk dengan pengembang Pasar Jambu Dua,” ujar Jenal.

Menurutnya, keunggulan Pasar Jambu Dua ini lebih representatif dibandingkan sebelumnya. Di masa mendatang, pasar ini akan lebih nyaman dan keamanannya lebih terjamin karena akan dipantau oleh CCTV dan petugas keamanan selama 24 jam.

BACA JUGA:Raih 892.699 Suara, AA Ade Kadarisman: Terima Kasih Masyarakat Jawa Barat

“Ke depan pasar ini menjadi pasar 24 jam. Jadi setelah Pasar Tekum, pasar induk terbesar di Kota Bogor itu Pasar Jambu Dua,” tambahnya.

Sementara itu, Pasar Gembrong Sukasari, yang berlokasi di Jalan Siliwangi nomor 35, Kelurahan Sukasari, direncanakan oleh Jenal untuk mendapatkan rerouting angkutan kota (angkot) agar dapat masuk ke area pasar.

Komoditas utama di Pasar Gembrong Sukasari sama dengan Pasar Jambu Dua, meliputi sembako, sayur-sayuran, daging, buah-buahan, emas, pakaian, dan barang elektronik. Pasar ini memiliki total 630 unit kios dan los yang beroperasi 24 jam, serta dilengkapi dengan area bermain dan tempat parkir.

BACA JUGA:BI Cirebon Membuka 134 Posko Penukaran Uang Pecahan Baru, Total yang Disiapkan Mencapai Rp3,9 Triliun

“Yang jelas kami ingin Pasar Gembrong Sukasari itu dikelola secara modern meskipun pasar rakyat,”  ucapnya.

Sumber: antara