Banjir Bandang Terjang Cipongkor Bandung Barat, Akibatkan 30 Rumah Terendam

Banjir Bandang Terjang Cipongkor Bandung Barat, Akibatkan 30 Rumah Terendam

Banjir Bandang Terjang Cipongkor Bandung Barat, Akibatkan 30 Rumah Terendam-Banjir Bandang Terjang Cipongkor Bandung Barat-ANTARANEWS

RADAR JABAR - Bencana alam melanda wilayah Kampung Cilimus, Gintung Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat pada Minggu malam (24/03/2024).

"Kejadiannya semalam sekitar jam 23.00 saat hujan deras. Ini karena meluapnya Sungai Cijambu," kata Kepala Desa Cibenda, Abdulrohman. Dilansir dari laman detikjabar. Senin (25/03/2024).

Hujan deras yang mengguyur dengan intensitas tinggi menjadi pemicu terjadinya longsor dan banjir bandang yang merendam pemukiman warga.

Menurut laporan yang diterima, sebanyak 30 unit rumah warga menjadi korban terendam oleh material longsor dan banjir bandang.

Tidak hanya itu, satu orang dilaporkan hilang dan satu orang lainnya masih dalam proses evakuasi karena tertimbun longsor.

Tim Kasiops SAR Bandung telah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat untuk melakukan pendataan terhadap para korban yang terdampak.

Peristiwa ini menyebabkan kerugian yang cukup besar bagi masyarakat setempat. Rumah-rumah yang hanyut terendam, serta jembatan yang putus akibat derasnya arus banjir, menjadi gambaran tragis dari bencana ini.

 

BACA JUGA:IKWI Kabupaten Bandung Gelar Ramadan Berkah: Santuni 100 Anak Yatim dan Kaum Dhuafa

 

Para korban yang selamat dihadapkan pada kondisi yang sulit, dengan kebutuhan dasar seperti tempat tinggal, makanan, dan pakaian menjadi kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi.

Pihak berwenang, termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB setempat, telah dikerahkan untuk memberikan bantuan dan mengkoordinasikan upaya penyelamatan.

Evakuasi korban yang tertimbun longsor menjadi prioritas utama dalam penanganan bencana ini.

"Kita fokus evakuasi dulu, karena ada warga yang tertimpa bangunan ambruk. Kemudian masih ada warga yang dilaporkan hilang juga," lanjut  Abdulrohman

Sumber: