Simak! Ini 6 Olahraga yang Tidak Mengganggu Puasa di Bulan Ramadan

Simak! Ini 6 Olahraga yang Tidak Mengganggu Puasa di Bulan Ramadan

Ilustrasi olahraga bersepeda. Simak! Ini 6 Olahraga yang Tidak Mengganggu Puasa di Bulan Ramadan-MaBraS-Tangkapan layar via Pixabay

 

Waktu pelaksanaan olahraga pun mesti sesuai dengan kondisi badan, seperti saat menjelang buka puasa, setelah tarawih, atau menjelang sahur.

 

Olahraga jogging bisa meningkatkan kekuatan dan masa otot. Lalu juga membantu mengurangi berat badan saat glikogen atau karbohidrat yang disimpan akan mulai habis.

 

Selain itu dengan jogging, risiko dehidrasi jadi berkurang, dan hormon endorphin dalam tubuh akan meningkat.

 

5. Yoga

Yoga cocok dilakukan selama puasa. Rutin melakukan yoga selama 15-30 menit seteiap hari atau minimal 2-3 kali seminggu bisa menghasilkan beragam manfaat. Sebut saja semisal meningkatkan kesehatan, kebugaran, menjernihkan pikiran, dan menjaga metabolism.

Di saat Ramadan, Yoga bisa dilakukan 2 jam sebelum berbuka puasa atau 1 jam setelah berbuka puasa. Yoga serta puasa dapat saling melengkapi dengan keduanya memiliki manfaat pada pembersihan.

 

6. Pilates

Meski intensitas pilater rendah, efeknya tetap akan sangat terasa. Olahraga ini bisa membantu mempertahankan massa otot, meningkatkan daya tahan, dan meningkatkan metabolism tubuh.

 

Selain itu, pilates bisa membantu memperbaiki postur badan, mengurangi sakit punggung, serta menurunkan stress.

Sumber: