10 Rekomendasi Tempat Wisata Terpopuler di Toraja, Penuh Keindahan Alam dan Kebudayaan Unik!

10 Rekomendasi Tempat Wisata Terpopuler di Toraja, Penuh Keindahan Alam dan Kebudayaan Unik!

Rekomendasi Tempat Wisata Terpopuler di Toraja-RJ-

RADAR JABAR – Siapkan liburanmu di tanah Sulawesi dengan mengunjungi 10 rekomendasi tempat wisata di Toraja paling hits dan terpopuler.

Toraja adalah sebuah suku yang mendiami dua Kabupaten yaitu Tana Toraja dan Toraja Utara, memang memiliki sejumlah cerita istimewa yang tidak dapat disebutkan satu per satu.

Tidak hanya beragam adat tradisi dan budaya, namun Toraja juga menawarkan berbagai destinasi wisata alam yang indah dan layak untuk dikunjungi.

Tana Toraja menyajikan beragam lokasi menarik dengan keindahan alam yang memukau. Selain itu, warisan kebudayaannya yang unik dan lestari juga menjadi hal menarik untuk diketahui.

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Toraja

Berikut adalah rekomendasi 10 tempat wisata terpopuler di Toraja yang wajib masuk list liburanmu untuk menikmati keindahan alam dan kebudayaannya yang unik.

1. Desa Wisata Kete Kesu Toraja

Desa Wisata Kete Kesu Toraja terkenal sebagai ikon Tana Toraja dalam bidang Wisata Adat. Desa ini berhasil meraih predikat Kampung Adat terpopuler pada ajang Anugrah Pesona Indonesia 2017.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Tempat Wisata Paling Hits Terpopuler di Singkawang

Destinasi ini juga dikenal sebagai Desa Tradisional era Megalitikum, dengan desain yang mencakup seluruh komponen dalam tradisi pemukiman Toraja. Kete Kesu memiliki jajaran Tongkonan, menhir, hutan kecil, serta kompleks kubur batu. Keseluruhan tempat ini merupakan warisan budaya asli dari alam.

Selain rumah adat, Kete Kesu memiliki situs pemakaman kuno berusia ratusan tahun, termasuk makam Goa dan makam tebing yang merupakan pemakaman tertua di dunia. Kawasan wisata Kete Kesu buka setiap hari selama 24 jam dengan harga tiket yang terjangkau.

2. Patung Yesus Buntu Burake

Patung Yesus Toraja dibangun sebagai tempat wisata rohani sekaligus menjadi salah satu ikon wisata Toraja. Dikenal juga sebagai Patung Yesus Memberkati, patung ini disebut-sebut sebagai yang tertinggi di dunia, mengalahkan patung Yesus di Brasil.

Didesain oleh seniman Yogyakarta bernama Supriadi dengan bantuan Wardoyo Suwarto, patung ini berdiri megah di puncak bukit setinggi 1700 meter di atas permukaan laut. Tinggi badan patung mencapai 45 meter dan menghadap kota Makale, terbuat dari coran perunggu.

Patung Yesus Buntu Burake dilengkapi dengan jembatan kaca terluas di Indonesia, sepanjang sekitar 100 meter dari bahan kaca tempered yang mampu menahan beban angin hingga 5 kali lipat. Dengan harga tiket yang terjangkau, tempat ini dapat dikunjungi setiap hari mulai dari jam 7 pagi hingga 9 malam.

3. Bukit Olon

Bagi para pecinta traveling anti mainstream, Bukit Olon bisa menjadi salah satu destinasi menantang yang perlu dijajal. Dengan hamparan bukit dan lahan hijau yang luas, serta sungai jernih yang mengalir di sepanjang Bukit, menciptakan suasana seperti kondisi alam berbukit di Swiss.

Lengkap dengan hewan ternak, tempat wisata ini sangat cocok untuk penggemar selfie. Untuk menikmati keindahan alam Bukit Olon lebih dekat, Anda dapat berkemah dan menginap di sini. Persiapkan peralatan camping dan bekal makanan, serta jangan lupa meminta izin dan melapor pada masyarakat sekitar.

4. Air Terjun Sarambu Assing

Sumber: