10 Rekomendasi Tempat Wisata Terpopuler di Toraja, Penuh Keindahan Alam dan Kebudayaan Unik!

10 Rekomendasi Tempat Wisata Terpopuler di Toraja, Penuh Keindahan Alam dan Kebudayaan Unik!

Rekomendasi Tempat Wisata Terpopuler di Toraja-RJ-

Menurut kepercayaan warga sekitar, hewan ini tidak boleh dipancing karena dianggap sakral dengan berbagai mitos yang menyelimutinya. Untuk menikmati kesegaran wisata mata air ini, Anda dapat datang setiap hari mulai dari jam 08.30 pagi hingga jam 4 sore, dengan harga tiket yang sangat terjangkau.

9. Suaya Toraja

Suaya Toraja merupakan situs wisata sejarah pemakaman raja-raja Sangalla yang terletak di sisi dinding Bukit Cadas. Tebing-tebing batu tersebut dipahat dan dibentuk menjadi gua. Destinasi ini juga menjadi tempat ziarah rutin untuk menghormati nenek moyang dan leluhur.

Patung-patung atau tahu-tahu para raja dan keluarganya diberi pakaian layaknya saat mereka hidup dahulu. Mengunjungi tebingnya memungkinkan Anda melihat peti kayu berukir yang disebut erong, beberapa batu megalitik, dan busaka pusaka peninggalan para raja.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Spot Wisata Paling Indah di Nusa Penida

Di tempat ini, Anda juga dapat menyaksikan ritual pemindahan jenazah yang telah lama wafat, yang diletakkan bersama jenazah suami atau istrinya. Penguburan ini menggambarkan kisah cinta abadi ala Romeo dan Juliet, di mana keduanya kemudian dimakamkan dalam satu liang atau kubur batu.

10. Pemakaman Gua Londa

Gua Londa adalah kompleks pemakaman yang menjadi destinasi populer dan menarik di Toraja. Gua ini terletak pada sebuah tebing batu besar, di dalamnya dipenuhi dengan peti-peti yang diatur dan dikelompokkan sesuai dengan garis keluarga.

Prosesi kematian ala masyarakat Toraja menjadi salah satu yang unik di dunia. Di sini, Anda dapat mengelilingi bagian luar dan dalam kuburan, melihat setiap sudut gua dengan berbagai peti jenazah yang sengaja diletakkan secara bertumpuk-tunggu.

Menariknya, tidak ada bau yang mengganggu hidung meskipun puluhan tengkorak dan tulang belulang tersebar di lantai dan dinding gua. Dekat dengan situs pemakaman Londa, terdapat juga situs kubur batu lainnya yang disebut Lemo, di mana terdapat ragam patung kayu atau tahu-tahu yang menghiasi bukit makam.

Tahu-tahu tersebut dibuat menyerupai orang yang sudah meninggal dan jasadnya dimakamkan di dalam batu. Perjalanan ke tempat wisata ini jauh dari kesan menyeramkan.

Itulah daftar 10 rekomendasi tempat wisata paling hits di Toraja, Sulawesi Selatan, yang bisa kamu pilih saat liburan nanti. Persiapkan fisik, mental, dan anggaran keuanganmu untuk mengunjungi sederet tempat wisata ini.

Sumber: