10 Rekomendasi Tempat Wisata Terpopuler di Toraja, Penuh Keindahan Alam dan Kebudayaan Unik!

10 Rekomendasi Tempat Wisata Terpopuler di Toraja, Penuh Keindahan Alam dan Kebudayaan Unik!

Rekomendasi Tempat Wisata Terpopuler di Toraja-RJ-

Air Terjun Sarambu Assing menawarkan pesona keindahan alam natural yang dikelilingi oleh hutan pinus dan perbukitan hijau yang terbentang di sepanjang kawasan air terjun.

Dengan aliran air bersumber dari mata air pegunungan, terhempas dari ketinggian sekitar 50 meter dan jatuh persis di bawah sebuah telaga kecil yang jernih.

Air terjun ini masih sangat alami dan memiliki suasana yang sejuk, sangat cocok untuk berenang. Namun, perlu berhati-hati karena bebatuannya tidak rata dan kedalamannya mencapai 5 meter.

5. Gunung Sopai

Berkunjung ke tempat wisata di Toraja tidak lengkap tanpa mengunjungi Gunung Sopai, objek wisata yang berada di ketinggian 1372 meter di atas permukaan laut. Terkenal dengan panorama keindahan alamnya yang mempesona, sajian lengkap dua kota, Rantepao dan Makale, akan terlihat jelas dari puncak Sopai.

Saat pagi hari, Anda bisa menyaksikan lautan awan yang menakjubkan. Daya tarik selanjutnya adalah adanya anak tangga yang membelah gunung, dikenal sebagai tangga seribu, merupakan jalur menuju puncak yang mirip dengan Tembok Besar di China.

Di puncak gunung, terdapat beberapa gazebo panjang yang dapat digunakan untuk bersantai atau berteduh. Bagi yang ingin berkemah, biasanya mendirikan tenda di dalam gazebo tersebut karena tidak ada sumber air atau warung di area wisata, sehingga perbekalan harus dibawa sendiri.

6. To Tombi Lolai

To Tombi Lolai merupakan destinasi wisata Toraja yang terkenal sebagai negeri di atas awan, berada pada ketinggian 1300 meter di atas permukaan laut. Menawarkan panorama pegunungan yang memukau, pengunjung akan disuguhkan dengan gumpalan-gumpalan awan putih yang memikat di depan mata.

Keindahan alam yang sulit digambarkan dengan kata-kata ini sangat cocok bagi mereka yang suka mengejar matahari terbit dari ketinggian. Meskipun tidak terlalu luas, area Totobi Toraja menyediakan lahan untuk berkemah, dan peralatan camping dapat disewa.

Bagi yang tidak ingin berkemah, tersedia juga penginapan berbentuk rumah adat Toraja yang disebut Tongkonan, serta beberapa kottage dengan harga yang relatif terjangkau.

7. Arung Jeram Sungai Sa'dan

Sungai Sa'dan merupakan salah satu sungai terpanjang di Sulawesi Selatan, mengalir membelah beberapa kabupaten dengan 294 anak sungai sepanjang alirannya. Sungai ini membentang sepanjang 182 KM dan memiliki lebar rata-rata sekitar 80 meter.

Sungai Sa'dan menantang para pengunjung untuk berolahraga ekstrem di tengah aliran yang sangat deras. Arung jeram di sini dapat dikategorikan dalam Grade 3 hingga Grade 5, dengan setidaknya 7 jeram besar yang memiliki tingkat kesulitan bervariasi, seperti Jeram Burung, Jeram Pembuangan Zebra, dan Jeram Fitri.

BACA JUGA:10 Tempat Wisata Paling Indah di Labuan Bajo

Penyusuran jalur ini dapat dilakukan secara berbagi, namun jika ingin menyelesaikan semua tantangan yang ada di sungai, Anda akan memerlukan waktu sekitar 2 hari, cukup menantang.

8. Mata Air Tilanga

Menikmati mata air yang dingin berwarna biru menyegarkan yang terletak di antara batuan kapur alami dapat menjadi pengalaman tak terlupakan. Begitu juga dengan mata air Tilanga, pengunjung akan dimanjakan dengan sejuknya pepohonan rindang dan keunikan kolam alami yang terbentuk di antara batuan cadas.

Meskipun diperbolehkan untuk berenang, pengunjung tidak diperkenankan menggunakan deterjen. Keberadaan belut berkuping menjadi daya tarik tersendiri di sini, yang dalam bahasa lokal dikenal sebagai masapi.

Sumber: