Diplomat Senior Amerika Serikat-Tiongkok Gelar Perbincangan Mendalam Mengenai Isu Global di Washington

Diplomat Senior Amerika Serikat-Tiongkok Gelar Perbincangan Mendalam Mengenai Isu Global di Washington

Diplomat Senior Amerika Serikat-Tiongkok Gelar Perbincangan Mendalam Mengenai Isu Global di Washington--Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik Daniel J. Kritenbrink dalam konferensi pers di Kedutaan AS di Jakarta, Rabu (8/3)-ANTARA/Katriana

RADAR JABAR - Diplomat senior dari Amerika Serikat dan Tiongkok telah menggelar perbincangan mendalam di Washington pada minggu ini. Kedua diplomat senior tersebut membahas sejumlah isu, termasuk Korea Utara, Myanmar, dan keamanan maritim, sesuai dengan pengumuman dari Kementerian Luar Negeri AS pada Kamis (28/9).

 

Matthew Miller, selaku juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, mengungkapkan bahwa pada hari Rabu (27/9), Wakil Menteri Luar Negeri AS bidang Asia Timur dan Pasifik, Daniel Kritenbrink, bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Tiongkok, Sun Weidong. Menurut Miller dalam konferensi pers, mereka mengadakan "konsultasi yang tulus, mendalam, dan konstruktif mengenai isu-isu regional sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk menjaga jalur komunikasi tetap terbuka".

BACA JUGA:5 Orang di Ukraina Tewas Imbas Gempuran Rusia

Kementerian Luar Negeri AS juga menekankan bahwa selama pertemuan tersebut, Kritenbrink menekankan "pentingnya wilayah Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, terhubung, makmur, tangguh, dan aman serta menjunjung tinggi tatanan internasional berbasis aturan." Selain itu, Kritenbrink juga menggarisbawahi pentingnya menjaga kedamaian dan stabilitas di Semenanjung Taiwan.

 

Di sisi lain, Kementerian Luar Negeri Tiongkok menyatakan pada Jumat bahwa Sun Weidong dan Daniel Kritenbrink telah saling bertukar pandangan yang jujur, mendalam, dan membangun mengenai hubungan antara Tiongkok dan AS selama pertemuan tersebut.

 

Meskipun ada perbedaan pendapat tentang beberapa isu, AS dan Tiongkok telah menggelar perbincangan diplomatik ini sebagai bagian dari persiapan untuk pertemuan tatap muka antara Presiden Joe Biden dan Presiden Xi Jinping yang direncanakan pada bulan November. Pertemuan tersebut kemungkinan akan diadakan di sela pertemuan multilateral di San Francisco.

BACA JUGA:Kehidupan Tunawisma di Las Vegas: Kota Dosa Penuh Kemiskinan

 

Selain itu, pekan lalu, Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, sepakat dengan Wakil Presiden Tiongkok, Han Zheng, untuk menjaga jalur komunikasi tetap terbuka dan mengadakan pertemuan antara pejabat-pejabat senior dalam beberapa minggu mendatang.

 

Menurut laporan dari Wall Street Journal, pada hari Kamis, Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi, berencana untuk mengunjungi Washington pada bulan Oktober. Laporan tersebut mengutip sumber yang memahami situasi ini, yang mengatakan bahwa kedua negara telah membahas kunjungan Wakil Perdana Menteri Tiongkok, He Lifeng, yang merupakan penasehat ekonomi utama Xi, ke Washington.

Sumber: antara