Pasti Lebih Sehat! Ini 5 Bahan Jamu Penurun Gula Darah Berlebih

Pasti Lebih Sehat! Ini 5 Bahan Jamu Penurun Gula Darah Berlebih

Pasti Lebih Sehat! Ini 5 Bahan Jamu Penurun Gula Darah Berlebih-Ilustrasi Bubuk Temulawak Sebagai Penurun Gula Darah-Freepik/jigsawstocker

RADAR JABAR - Ini 5 bahan jamu penurun gula darah berlebih bebas bahan kimia dan lebih sehat. Jamu memang sering dikenal sebagai minuman tradisional yang memiliki sejuta manfaat untuk tubuh dan kesehatan, serta dapat menurunkan kadar gula darah yang cukup tinggi.

Gula darah tinggi, atau hiperglikemia, adalah salah satu tantangan utama dalam pengelolaan diabetes. Selain pengobatan medis modern, jamu juga digunakan untuk membantu menurunkan gula darah.

Disini kami akan membahas mengenai bahan jamu yang dapat digunakan untuk menurunkan gula darah berlebih. Selain bebas kimia, bahan jamu ini lebih alami dan menyehatkan tubuh.

Mengenal Bahan jamu untuk Menurunkan gula darah

Jamu sendiri merupakan minuman tradisional asal Indonesia yang menyehatkan tubuh serta memiliki manfaat yang baik dalam pengobatan tradisional. Minuman ini sudah ada sejak lama dan dilestarikan karena menggunakan bahan-bahan yang alami.

Biasanya jamu umumnya berbagai bahan yang terdiri dari berbagai rempah-rempah yang disatu padukan, serta memiliki cita rasa yang cukup pahit. Selain rempah-rempah, jamu juga dapat menggunakan bahan alami lainnya yang sudah pasti bebas bahan kimia.

Berikut ini merupakan bahan jamu penurun gula darah yang berlebih yang bisa dibuat langsung dirumah. Sudah pasti bahan-bahan tersebut bebas dari bahan kimia.

1. Daun Jambu Biji (Psidium guajava) 

Daun jambu biji mengandung senyawa gymnenic acid yang dapat membantu mengurangi penyerapan gula dari makanan dan meningkatkan sensitivitas insulin. Selain itu memiliki juga kandungan antiradang, antikanker dan terdapat vitamin c yang baik untuk tubuh.

Selain digunakan untuk bahan jamu, daun jambu biji juga seringkali digunakan untuk pengobatan pada luka, ataupun untuk sakit gigi. Untuk penggunaannya, daun jambu biji bisa direbus ataupun dijadikan teh daun jambu biji.

BACA JUGA:10 Minuman Alami Ini Dapat Bantu Turunkan Gula Darah di Tubuh

2. Kulit Manggis (Garcinia mangostana)

Kulit manggis mengandung senyawa xanthone yang memiliki sifat antiinflamasi dan potensi dalam mengatur gula darah. Selain itu kulit manggis juga mampu meningkatkan sensitivitas insulin yang dapat membantu pengaturan gula darah.

Biasanya kulit manggis dapat dikonsumsi langsung, namun memiliki cita rasa yang sangat pahit. Meskipun begitu, kulit manggis juga bisa direbus ataupun diseduh dengan ditambahkan dengan madu.

3. Pare (Momordica charantia)

Buah pare terkenal karena potensinya dalam menurunkan gula darah. Senyawa yang terkandung dalam pare dapat membantu meningkatkan efisiensi penggunaan insulin.

Biasanya pare seringkali disajikan bersamaan dengan bakso tahu atau dengan makanan lain. Meskipun begitu, anda juga dapat menjadikan pare sebagai jus yang memiliki manfaat dalam penurunan gula darah.

BACA JUGA:5 Sayuran Penurun Gula Darah untuk Penderita Diabetes: Pilihan Sehat untuk Pengendalian Gula Darah

4. Cincau (Mesona spp.)

Sumber: