10 Minuman Alami Ini Dapat Bantu Turunkan Gula Darah di Tubuh

10 Minuman Alami Ini Dapat Bantu Turunkan Gula Darah di Tubuh

10 Minuman Alami Ini Dapat Bantu Turunkan Gula Darah di Tubuh--Freepik

RADAR JABAR - Gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk diabetes tipe 2. Pengelolaan gula darah yang baik sangat penting untuk tubuh.

Selain mengatur pola makan dan olahraga, minuman juga dapat berperan penting dalam menjaga kadar gula darah tetap stabil. Tentunya minuman alami yang sehat dapat membantu untuk menurunkan gula darah yang berlebih.

Berikut Minuman Sehat yang Dapat Membantu Menurunkan Gula Darah

1. Air Putih

Air adalah minuman terbaik untuk menjaga hidrasi dan membantu mengatur kadar gula darah. Minum cukup air setiap hari dapat membantu mencegah dehidrasi, yang dapat mempengaruhi regulasi gula darah.

2. Teh Hijau

Teh hijau mengandung senyawa polifenol yang dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi penyerapan glukosa. Minum teh hijau secara teratur dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

 

BACA JUGA:5 Tips Sederhana Turunkan Kadar Gula Darah Tinggi

 

3. Infused Water

Buah-buahan ini memberikan rasa alami tanpa penambahan gula dan juga mengandung serat yang bermanfaat bagi pengaturan gula darah. Tambahkan potongan buah-buahan segar seperti lemon, jeruk, atau mentimun ke dalam air untuk menciptakan infused water. 

4. Jus Sayuran Hijau

Jus sayuran hijau seperti bayam, kale, dan seledri kaya akan serat dan nutrisi penting. Mereka memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti mereka tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan.

 

BACA JUGA:6 Cara Ampuh Mencegah Penyakit Diabetes, Yuk Simak

 

5. Smoothie Protein

Smoothie dengan tambahan protein dari sumber seperti yogurt rendah lemak, whey protein, atau almond butter dapat membantu mengontrol nafsu makan dan menjaga stabilnya kadar gula darah.

6. Air Kelapa

Air kelapa mengandung elektrolit alami dan sedikit gula alami. Ini adalah alternatif yang baik untuk minuman olahraga komersial yang sering mengandung banyak gula tambahan.

7. Teh Herbal

Sumber: