25 Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan Tubuh yang Lebih Baik

25 Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan Tubuh yang Lebih Baik

Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan Tubuh-Unsplash/GrvynLouis-

Manfaat selanjutnya dari lari pagi adalah meningkatkan kekuatan sendi dengan memberi tekanan pada tulang rawan, memperkuatnya seiring waktu pada lutut, pergelangan kaki, dan pinggul.

19. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Selain kekuatan sendi, berlari pagi juga meningkatkan kekuatan tulang dengan menahan beban. Penelitian menunjukkan berlari lebih efektif dalam meningkatkan kepadatan tulang dibandingkan bersepeda atau aktivitas menahan berat lainnya.

20. Meningkatkan Sistem Imun

Berlari pagi juga meningkatkan sistem imun, mencegah penyakit. Aktivitas fisik membantu mengeluarkan bakteri dari saluran pernapasan, merangsang antibodi dan sel putih darah, serta mengatur hormon stres untuk melindungi tubuh dari penyakit.

BACA JUGA:4 Cara Diet Sehat Tanpa Kurangi Porsi Makan, Ampuh Kurangi Berat Badan!

21. Reduksi Risiko Kematian

Penelitian pada tahun 2014 menyebutkan manfaat lari pagi bisa mencegah penyakit kardiovaskular. Cukup lari kecil dengan kecepatan 9,6 KPJ selama 5-10 menit dapat mengurangi risiko ini sekitar 0,42%.

22. Meremajakan Kulit

Olahraga termasuk lari pagi melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, mengoksidasi kulit, dan mencegah penuaan dini. Rutin lari pagi juga atasi jerawat dengan mengeluarkan racun melalui keringat.

BACA JUGA:5 Resep Minuman Segar yang Membantu Menurunkan Kolesterol Tinggi

23. Atasi Sulit Tidur

Lari pagi lepaskan hormon endorfin yang menenangkan, membantu atasi gangguan tidur akibat stres. Energi yang dikeluarkan sepanjang hari dan lari pagi meminta istirahat nyenyak malam harinya.

24. Meningkatkan Konsentrasi

Lari pagi mempunyai manfaat bisa meningkatkan konsentrasi agar pekerjaan lebih efisien karena aliran darah ke otak akan lebih lancar.

Sumber: