25 Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan Tubuh yang Lebih Baik

25 Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan Tubuh yang Lebih Baik

Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan Tubuh-Unsplash/GrvynLouis-

11. Tidur jadi Berkualitas

Rutinitas lari pagi berkontribusi pada tidur yang lebih baik. Studi menemukan orang yang berolahraga pagi mendapatkan tidur lebih nyenyak dengan waktu tidur yang lebih singkat. Paparan cahaya matahari pagi juga meningkatkan hormon melatonin, mendukung tidur malam yang lebih baik.

12. Mengontrol Gula Darah

Lari pagi membantu mengontrol gula darah terutama bagi penderita diabetes tipe 1. Risiko hipoglikemia lebih rendah saat berolahraga pagi dibandingkan sore hari. Penderita diabetes disarankan memantau kadar gula darah sebelum dan setelah lari.

13. Menurunkan Kolesterol

Lari pagi mempunyai manfaat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Olahraga selama 30 menit lima kali seminggu cukup untuk menjaga keseimbangan kolesterol.

14. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Salah satu manfaat lari pagi selanjutnya adalah bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah dengan mengurangi berat badan, tekanan darah tinggi, dan menjaga kadar kolesterol. Ini mengurangi faktor risiko utama penyakit kardiovaskular.

15. Menurunkan Risiko Penyakit Neurologis

Olahraga sederhana seperti lari pagi bisa mengurangi risiko penyakit neurologis, termasuk Alzheimer. Berlari lebih dari 24 km per minggu terbukti mengurangi risiko kematian akibat Alzheimer.

16. Menurunkan Risiko Kanker

Berbagai jenis kanker dapat dihindari dengan lari pagi. Aktivitas fisik rutin menurunkan risiko kanker seperti endometrium, payudara, esofagus, hati, paru-paru, ginjal, leukemia myeloid, kepala dan leher, kandung kemih, serta usus besar. Gaya hidup sehat seperti pola makan, berat badan ideal, dan menghindari rokok serta alkohol juga mendukung pencegahan kanker.

17. Paru-paru Lebih Sehat

Berlari pagi akan memperkuat otot pernapasan dan meningkatkan kapasitas paru-paru. Ini memungkinkan pernapasan lebih dalam dan efisien. Rutinitas lari pagi juga meningkatkan kapiler untuk oksigenasi otot dan alveoli yang membantu mengangkut oksigen.

18. Meningkatkan Kekuatan Sendi

Sumber: