Daftar Motor Honda yang Tidak Pakai Rangka eSAF Viral Berkarat

Daftar Motor Honda yang Tidak Pakai Rangka eSAF Viral Berkarat

Teknologi rangka eSAF menggunakan pelat baja yang kemudian ditekan dan dihubungkan menggunakan metode las laser yang diklaim dapat mengurangi deformasi. -Ist-

RADAR JABAR - Motor skutik Honda menjadi perhatian utama setelah konten dari pengguna media sosial menyoroti keluhan terkait karat dan retaknya rangka motor tersebut. Kejadian ini terkait dengan motor skutik Honda yang mengadopsi rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame).

Pihak produsen telah mengumumkan bahwa mereka sedang melakukan investigasi terkait masalah ini. Banyak konsumen yang mengungkapkan keprihatinan terkait kerusakan rangka motor jenis eSAF buatan Honda, mulai dari rasa karat, keropos, hingga bahkan ada yang mengalami patahnya rangka.

Perlu dicatat bahwa tidak semua motor skutik Honda yang dijual di Indonesia menggunakan rangka eSAF. Teknologi rangka eSAF atau Enhanced Smart Architecture Frame diperkenalkan pertama kali di Indonesia melalui model Honda Genio.

Saat diperkenalkan pada tahun 2019, PT Astra Honda Motor (AHM) memutuskan untuk menggunakan teknologi rangka eSAF ini pada Honda Genio. Yang membedakan antara teknologi rangka eSAF dengan teknologi rangka motor skutik Honda sebelumnya adalah bahan yang digunakan.

BACA JUGA:Kupas Tuntas Honda PCX 160 Versi CBS dan ABS 2023, Lebih Unggul Mana?

Secara umum, mayoritas motor skutik Honda menggunakan jenis rangka yang sama, yaitu underbone. Motor skutik Honda yang mengadopsi rangka eSAF juga menggunakan jenis rangka underbone ini.

Hanya motor skutik Honda seperti Honda PCX 160 dan Honda ADV 160 yang menggunakan jenis rangka double cradle. Yang membedakan teknologi rangka eSAF dengan teknologi rangka motor skutik Honda lainnya adalah jenis bahan yang digunakan.

Teknologi rangka eSAF menggunakan pelat baja yang kemudian ditekan dan dihubungkan menggunakan metode las laser yang diklaim dapat mengurangi deformasi. Sementara itu, motor skutik Honda lainnya menggunakan rangka berbentuk pipa yang di potong dan dihubungkan.

Saat ini, hanya ada lima model motor skutik Honda yang menggunakan teknologi rangka eSAF, diantaranya adalah Honda Genio, Honda BeAT, Honda Scoopy, dan Honda Vario 160. Sementara model lainnya masih menggunakan teknologi rangka berbahan pipa besi.

BACA JUGA:Honda Giorno C70: Motor Klasik yang Abadi dengan Sentuhan Modern

Daftar Rangka Motor Honda yang Tidak Pakai eSAF

Berikut daftar skutik Honda yang masih menggunakan rangka pipa besi, bukan eSAF:

Honda Vario 125 (rangka underbone).

Honda PCX 160 (rangka double cradle).

Honda ADV 160 (rangka double cradle).

Sumber: