Kupas Tuntas Honda PCX 160 Versi CBS dan ABS 2023, Lebih Unggul Mana?

Kupas Tuntas Honda PCX 160 Versi CBS dan ABS 2023, Lebih Unggul Mana?

Kupas Tuntas Honda PCX 160 Versi CBS dan ABS 2023-Istimewa-

RADAR JABAR - Kali ini kita akan membahas tentang Honda PCX 160 versi CBS dan ABS terbaru 2023 berdasarkan review dari banyak orang. Jika Anda berencana untuk membeli PCX 160 pada tahun 2023, terdapat dua varian yaitu tipe ABS dan CBS. Semua varian ini memiliki warna-warna baru yang berbeda jika dibandingkan dengan versi 2022. Selain itu, terdapat beberapa detail baru yang juga diperkenalkan.

Sekarang, mari kita perhatikan bersama-sama perubahan apa saja keunggulan yang terdapat pada PCX 160 ini. Tentunya, pertanyaan muncul, apa keunggulan dari masing-masing tipe? Mengapa banyak yang cenderung memilih tipe Honda PCX 160 versi CBS?

Salah satu alasannya adalah karena harganya yang lebih terjangkau. Tipe ini merupakan versi yang paling diminati, dibandingkan dengan tipe lainnya, dengan perbedaan harga sekitar Rp3 jutaan. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak orang lebih memilih tipe CBS.

Jika kita bicara mengenai varian warna CBS ini, sebenarnya terdapat 4 pilihan warna yang tersedia. Yang lebih menyenangkan adalah bahwa dari keempat pilihan warna tersebut, tiga di antaranya merupakan varian warna glossy, bukan warna doff.

BACA JUGA:New Honda Pcx 175cc Terbaru 2023 Lebih Tangguh dan Bermesin Powerfull, Pesaing Yamaha Nmax!

Ini sangat cocok bagi mereka yang tidak begitu menyukai warna-warna doff. Hal ini juga diperkuat oleh di mana banyak yang mengeluhkan bahwa warna doff mudah kotor ketika terkena minyak atau tangan, dan sulit untuk membersihkannya.

Pilihan Warna

Pilihan warna glossy ini sangat pas bagi Anda yang menginginkan tampilan yang lebih mengkilat. Saat ini, terdapat warna merah glossy, putih glossy, dan hitam glossy. Hanya ada satu varian warna doff yang dikenal sebagai Royal Matte Blue.

Walaupun sebenarnya warna ini keren, namun sayangnya tidak tersedia untuk model motor di sini. Warna biru doff tersebut lebih mudah ditemui pada model motor yang tidak memiliki ABS. Pada model ABS, bagian atas motor berwarna biru, sedangkan bagian bawah, termasuk pelindung cahaya di bawahnya, memiliki warna hitam.

Kombinasi biru dan hitam ini memberikan tampilan yang begitu elegan dan mewah, namun terkait dengan sisi sporty-nya, ada beberapa kegagalan akibat penggunaan warna hitam pada bagian bawah motor.

Spesifikasi PCX 160 CBS 2023

Spesifikasi PCX 160 versi 2023 sebenarnya cukup serupa dengan versi sebelumnya, hampir tidak ada perubahan yang signifikan. Lampu LED siang-hari (DRL) masih memiliki pola reflektor yang sama seperti CBS dari PCX, sistem pengereman yang digunakan adalah rem kombinasi (combi brake).

Ciri khas dari combi brake ini adalah penggunaan model 3 piston. Prinsip combi brake sebenarnya sederhana, jika Anda menginjak rem belakang, secara otomatis rem depan juga akan ikut diterapkan, meskipun pada PCX ini kedua roda menggunakan cakram.

Pada bagian depan, piston dari kedua caliper berperan saat menginjak rem depan, sedangkan piston lainnya berfungsi saat menggunakan rem belakang. Sebagai informasi, rem depan diterapkan menggunakan piston tunggal yang lebih besar, sedangkan pada versi ABS, sistem kerjanya lebih berbeda.

Sumber: