Daftar Motor Honda yang Tidak Pakai Rangka eSAF Viral Berkarat

Daftar Motor Honda yang Tidak Pakai Rangka eSAF Viral Berkarat

Teknologi rangka eSAF menggunakan pelat baja yang kemudian ditekan dan dihubungkan menggunakan metode las laser yang diklaim dapat mengurangi deformasi. -Ist-

Honda Forza 250 (rangka underbone).

Daftar Rangka Honda yang sudah Pakai Rangka eSAF

Honda Genio: mulai 2019 (rangka eSAF underbone)

Honda BeAT dan BeAT Street: mulai 2020 (rangka eSAF underbone)

Honda Scoopy: mulai 2020 (rangka eSAF underbone)

Honda Vario 160: mulai 2022 (rangka eSAF underbone).

Mulai sejak tahun 2019, Honda memperkenalkan inovasi baru dalam bentuk rangka eSAF melalui model skutik Genio. Langkah serupa diikuti oleh tiga model skutik lainnya, yaitu Honda Beat, Honda Scoopy, dan Honda Vario 160.

Namun, akibat insiden ini, Honda terpaksa melakukan penyelidikan lebih mendalam terhadap masalah ini.

"Sedang kita tangani ya. Kita berusaha berikan yang terbaik untuk konsumen," kata GM Corporate Communication Astra Honda Motor (AHM) Ahmad Muhibbuddin, melansir dari CNBC Indonesia, Selasa 22 Agustus 2023.

"Kita data konsumen dan pelajari kasus per kasusnya seperti apa. Masih on going semuanya," sebut Muhibbudin.

Rangka eSAF memiliki konstruksi berbeda karena menggunakan pelat baja yang dipadatkan dan dihubungkan melalui proses pengelasan laser, yang berbeda dengan rangka konvensional.

PT Astra Honda Motor (AHM) mengklaim bahwa rangka eSAF ini memiliki bobot lebih ringan hingga 8 persen dibandingkan dengan rangka skutik Honda sebelumnya.

Karena meningkatnya keluhan dari konsumen terkait motor Honda akhir-akhir ini, perusahaan juga telah mengenalkan kebijakan garansi sebagai tanggapan atas situasi ini.

"Ada garansi sesuai ketentuan yang berlaku. Garansi rangka dan sistem kelistrikan selama 1 tahun atau 10,000 KM tergantung mana yang lebih dulu dicapai," ujar Muhibbudin.

Sumber: