MUI Tolak Rencana Pertemuan Komunitas LGBT di Jakarta: Jangan Sampai Dianggap Normal

MUI Tolak Rencana Pertemuan Komunitas LGBT di Jakarta: Jangan Sampai Dianggap Normal

MUI Tolak Rencana Pertemuan Komunitas LGBT di Jakarta-Net-

RADAR JABAR - Rencananya, pada tanggal 17 Juli hingga 21 Juli 2023, komunitas lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) di seluruh ASEAN akan mengadakan pertemuan di Jakarta.

Acara ini diinisiasi oleh ASEAN SOGIE Caucus, sebuah organisasi yang terafiliasi dengan Dewan Ekonomi dan Sosial PBB yang bekerja sama dengan Arus Pelangi dan Forum Asia.

"Apakah kalian aktivis queer yang berbasis di Malaysia, Thailand, Laos, Singapura dan negara lain di Asia Tenggara? Mari bergabung bersama kami dalam ASEAN Queer Advocacy Week (AAW) Juli ini," kata ASEAN SOGIE Caucus dalam pengumuman di Instagram @aseansoegicaucus dikutip Senin, 10 Juli 2023.

Acara yang dikenal sebagai ASEAN Queer Advocacy Week (AAW) adalah tempat berkumpulnya aktivis LGBTQ dari Asia Tenggara dengan tujuan untuk saling terhubung dan memperkuat advokasi bersama.

Namun, panitia acara ini belum mengungkapkan lokasi pasti acara tersebut. Mereka hanya memberikan informasi mengenai kegiatan yang akan dilakukan selama periode lima hari.

"AAW diharapkan dapat menjadi salah satu alat bagi para aktivis LGBT di kawasan ini untuk menemukan regionalisme alternatifnya sendiri," jelas pengumuman Arus Pelangi dan Asean Sogie Caucus dalam unggahan bersama di Instagram.

Pengumuman ini kemudian menimbulkan berbagai reaksi dari berbagai pihak. Salah satunya adalah pernyataan yang dibuat oleh Ketua MUI Bidang Dakwah, KH Cholil Nafis yang menentang acara tersebut. Cholil menyampaikan pendapatnya melalui cuitan di akun Twitter pribadinya pada Selasa 11 Juli 2023.

BACA JUGA:Singgung Isu LGBT, PA 212 Tolak Konser Coldplay di Indonesia

“Astaghfirullah. Ini sudah menyimpang terus masih mengampanyekan lagi. Saya selamanya menolak penyimpangan ini, khususnya di Indonesia. Jangan sampai dianggap normal apalagi dilegalkan. Ini bertentangan dengan agama, Pancasila dan kenormalan manusia. Tolak!,” ungkap Cholil.

ASEAN Queer Advocacy Week (AAW), sebuah pertemuan yang diatur oleh ASEAN SOGIE Caucus, sebuah organisasi yang beroperasi di bawah Dewan Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak tahun 2021, bekerja sama dengan Arus Pelangi dan Forum Asia.

AAW bertujuan sebagai tempat bagi aktivis LGBTQ di Asia Tenggara untuk terhubung dan memperkuat advokasi bersama. Arus Pelangi dan ASEAN SOGIE Caucus dalam pengumuman mereka menyatakan bahwa AAW diharapkan menjadi alat bagi para aktivis LGBT di kawasan ini untuk mengembangkan regionalisme alternatif mereka sendiri.

Meskipun demikian, lokasi persis acara ini masih menjadi misteri hingga saat ini. Panitia hanya menginformasikan bahwa Jakarta akan menjadi tuan rumah pertemuan tersebut, tanpa memberikan rincian lokasi yang spesifik.

Sumber: