Pemkab Bogor Lantik 120 Panwascam untuk 15 Ribu TPS se-Kabupaten

Pemkab Bogor Lantik 120 Panwascam untuk 15 Ribu TPS se-Kabupaten

Anggota Panwaslu saat dilantik di Ruang Setda, Cibinong, Kabupaten Bogor. -Foto : Sandika Fadilah/Jabarekspres.com-

BOGOR- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor lantik sebanyak 120 orang anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Bogor untuk Pemilu 2024 mendatang, pada SAbtu (29/10).

Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) pada tahun 2024 mendatang, nampaknya menjadi ajang yang dinantikan. Demikina juga untuk Kabupaten Bogor.

Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan menjelaskan, bahwa Panwaslu Kecamatan mengemban tugas mulia sekaligus memikul tanggung jawab yang cukup berat. Terutama untuk mengawal pelaksanaan pemilu 2024 yang berkualitas dan berintegritas.

Kabupaten Bogor sendiri merupakan lokus penyelenggaraan Pemilu/pemilihan kolosal terbesar se- Indonesia, dengan 15.000 TPS.

Belasan ribu TPS tersebut tersebar di 40 kecamatan, 416 desa dan 19 kelurahan serta potensi pemilih sebesar 4.113.274 orang pada pemilu 2024.

“Untuk itu, momentum tahapan pemilu harus disikapi dengan kesiapan semua elemen yang terlibat. Saya minta kepada seluruh Panwaslu Kecamatan yang dilantik, sumpah dan janji itu dipegang teguh, dan kami pemerintah siap untuk bekerjasama dan mendukung apapun yang memang sesuai laporan Bawaslu dan Panwascam," kata Iwan Setiawan, Sabtu 29 Oktober 2022.

Dirinya juga mengaku siap untuk berkolaborasi, berkoordinasi dan komunikasi. Mendukung apapun kebijakan dari Bawaslu ataupun Panwascam di Kabupaten Bogor.

" Jangan sungkan tidak boleh ada keragu-raguan karena kami sudah berkomitmen kabupaten dan kecamatan harus mendukung kebijakan yang dikeluarkan Bawaslu dan Panwascam," tambahnya.

Iwan Juga mengajak masyarakat untuk mensukseskan pemilu yang akan berlangsung pada tahun 2024 mendatang.

"Mari kita bersama-sama sukseskan Pemilu Serentak tahun 2024, bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu,” tungkasnya

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor, Irfan Firmansyah menuturkan, sebelum dikukuhkan, pihaknya telah menyelesaikan tahapan seleksi calon anggota Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Bogor, yang berlangsung dari 21 September hingga 26 Oktober 2022.

“Selama satu bulan kita lakukan proses seleksi, kita sama-sama berproses untuk menyukseskan Pemilu 2024. Dari 702 pendaftar hanya 120 orang yang lulus seleksi administrasi, tes CAT dan berhasil dikukuhkan menjadi anggota Panwas Kecamatan,”ujarnya.

Irfan Firmansyah berharap Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Bogor dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan sesuai dengan dengan aturan perundang-undangan.

“Panwaslu Kecamatan adalah kepanjangan tangan dari Pengawas Pemilu, sehingga harapan kami kawan-kawan Panwaslu menjalankan tugas dengan profesional, dan tentu menjaga integritas kita sebagai penyelenggara Pemilu,”pungkasnya.

Sumber: