BMKG Prediksi Hujan di Sejumlah Kota Besar Indonesia

BMKG Prediksi Hujan di Sejumlah Kota Besar Indonesia

BMKG Prediksi Hujan di Sejumlah Kota Besar Indonesia -ilustrasi-(Sumber Gambar : Pixabay/ wal_172619)

RADAR JABAR - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa beberapa kota besar di Indonesia akan mengalami hujan.

Menurut prakirawan cuaca BMKG, Rif'at Darajat, wilayah yang diperkirakan akan diguyur hujan meliputi Pekanbaru, Medan, Serang, Jakarta, Manado, Makassar, dan Jayapura. Keterangan ini dikutip pada Senin (23/09).

Rif'at menjelaskan bahwa daerah perlambatan kecepatan angin atau konvergensi terpantau memanjang di beberapa wilayah, seperti Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa Timur hingga Jawa Barat, Kalimantan Utara hingga Kalimantan Barat, serta Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Selatan.

"Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut," jelasnya.

 

BACA JUGA:Selasa Ini, BMKG Prediksi Sebagian Besar Wilayah Indonesia Berawan dan Hujan Ringan

BACA JUGA:BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem di Indonesia: Hujan Lebat dan Angin Kencang Mayoritas Wilayah RI

 

Di Sumatra, kota Padang diperkirakan mengalami asap atau kabut, sementara hujan ringan diprediksi terjadi di Pekanbaru dan Tanjung Pinang. Di Medan dan Banda Aceh, hujan disertai kilat atau petir diperkirakan turun. Sementara itu, kota Lampung dan Jambi diperkirakan berawan, sedangkan Bengkulu, Palembang, dan Pangkal Pinang akan diguyur hujan ringan.

Cuaca berawan tebal diprediksi terjadi di Surabaya, Semarang, dan Yogyakarta. Hujan ringan diperkirakan turun di Serang dan Jakarta. Rif'at juga mengingatkan warga di Bandung untuk waspada terhadap hujan yang disertai kilat atau petir.

Prakiraan Cuaca di Bali dan Nusa Tenggara

Di Bali dan Nusa Tenggara, cuaca berawan tebal diperkirakan terjadi di Mataram dan Kupang. Kota Denpasar diprediksi akan diguyur hujan ringan.

Prakiraan Cuaca di Pulau Kalimantan

Untuk Kalimantan, cuaca berawan diprediksi terjadi di Banjarmasin, sementara Pontianak berpotensi petir. Kota Tanjung Selor, Samarinda, dan Palangkaraya diprediksi akan mengalami hujan disertai kilat atau petir.

 

BACA JUGA:BMKG: Cuaca Cerah Berawan Akan Mendominasi Sebagian Besar Kota di Indonesia pada Jumat Siang

Sumber: beranda antara