BMKG: Cuaca Cerah Berawan Akan Mendominasi Sebagian Besar Kota di Indonesia pada Jumat Siang

BMKG: Cuaca Cerah Berawan Akan Mendominasi Sebagian Besar Kota di Indonesia pada Jumat Siang

BMKG Cuaca Cerah Berawan Akan Mendominasi Sebagian Besar Kota di Indonesia pada Jumat Siang--Sumber gambar: Antaranews.com

RADAR JABAR - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar kota di Indonesia akan mengalami cuaca cerah berawan pada Jumat siang, dengan beberapa kota diperkirakan akan cerah berawan sepanjang hari.

Kota-kota yang diprediksi cerah berawan sepanjang hari antara lain Bengkulu, Jakarta Pusat, Semarang, Banjarmasin, Pangkal Pinang, Kupang, dan Palembang.

Sementara itu, kota-kota yang diperkirakan cerah berawan pada siang hari meliputi Banda Aceh, Denpasar, Serang, Yogyakarta, Pontianak, Tarakan, Mataram, Pekanbaru, Mamuju, dan Makassar.

Beberapa kota diperkirakan akan mengalami hujan ringan, yaitu Manado, Kendari, Manokwari, dan Ambon, sementara Gorontalo diperkirakan akan mengalami hujan sedang.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, sebelumnya menjelaskan bahwa fenomena hujan deras di musim kemarau yang terjadi belakangan ini bukan merupakan anomali iklim. Menurutnya, kondisi ini adalah hal yang normal dan wajar terjadi di Indonesia, mengingat letak geografisnya yang berada di antara dua benua (Australia dan Asia) dan dua samudra (Pasifik dan Hindia).

 

BACA JUGA: Ada Dua Potensi Gempa di Garut yang Harus di Waspadai, BMKG Ingatkan Kewaspadaan Kepada Masyarakat

 

"Letak geografis ini menjadikan Indonesia memiliki dua musim yang berbeda, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Angin monsun barat dari Benua Asia membuat Indonesia mengalami musim hujan. Sementara secara umum, musim kemarau di Indonesia berkaitan dengan aktifnya angin monsun timur dari Australia yang bersifat kering," kata Dwikorita.

Meskipun sedang berada dalam musim kemarau, bukan berarti tidak ada hujan sama sekali. Curah hujan di suatu tempat hanya kurang dari 50 mm per dasarian dan terjadi minimal tiga dasarian berturut-turut. Musim kemarau tidak terjadi secara serentak di seluruh Indonesia dan berlangsung dengan durasi yang berbeda-beda di tiap wilayah.

 

BACA JUGA: BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem di Indonesia: Hujan Lebat dan Angin Kencang Mayoritas Wilayah RI

 

Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto, menjelaskan bahwa berdasarkan analisis cuaca terbaru dan pengamatan kondisi cuaca dalam sepekan ke depan, masih ada potensi peningkatan curah hujan yang signifikan di Indonesia, meskipun telah memasuki awal musim kemarau.

Sumber: antaranews.com