Kerja Sama DPR RI dan Parlemen Peru: Dorong Pendidikan, Perdagangan, dan Pembangunan Berkelanjutan

Kerja Sama DPR RI dan Parlemen Peru: Dorong Pendidikan, Perdagangan, dan Pembangunan Berkelanjutan

Kerja Sama DPR RI dan Parlemen Peru Dorong Pendidikan, Perdagangan, dan Pembangunan Berkelanjutan--(Sumber Gambar : Antara)

RADAR JABAR - Hubungan antara Indonesia dan Peru terus berkembang, salah satunya melalui kerja sama antarparlemen yang semakin kuat. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Parlemen Peru baru-baru ini meningkatkan kerja sama di berbagai bidang, termasuk pendidikan, perdagangan, dan pembangunan berkelanjutan.

Inisiatif ini dilakukan melalui kunjungan Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI-Parlemen Peru ke Parlemen Peru di Lima, yang diterima langsung oleh Ketua Legislatif Republik Peru, Eduardo Salhuana Cavides.

Ketua GKSB BKSAP DPR RI-Parlemen Peru, Dyah Roro Esti, menyampaikan bahwa pentingnya terus mendorong kemajuan kerja sama dan kolaborasi antara Indonesia dan Peru. “Kami sangat mengapresiasi adanya komitmen serta inisiatif dalam pertemuan ini. Ini merupakan upaya nyata untuk memajukan kerja sama melalui diskusi antarparlemen, saling bertukar pikiran, dan memperluas kolaborasi di tingkat multilateral,” ungkap Roro dalam keterangan persnya di Jakarta, Sabtu (21/9/2024).

Dalam pertemuan di Lima tersebut, Roro menyampaikan beberapa isu penting yang menjadi fokus kerja sama antara Indonesia dan Peru. Isu-isu tersebut meliputi tantangan global, pengembangan sumber daya manusia (SDM), kerja sama di bidang ekonomi, serta pembangunan berkelanjutan.

 

BACA JUGA:Pertemuan Jokowi Dengan Grand Syekh Al Azhar Bahas Hubungan Bilateral Indonesia-Mesir

BACA JUGA:Mendag Pererat Kerja Sama Bilateral Dengan AS, Komoditas Pertanian Ditingkatkan

 

Menurut Roro, kerja sama di bidang SDM sangat penting, terutama mengingat Indonesia saat ini sedang memanfaatkan bonus demografi. Ini berarti peningkatan SDM yang berkualitas harus diiringi dengan perbaikan dalam sektor kesehatan, gizi, pendidikan, serta transfer pengetahuan.

Presiden terpilih, Prabowo Subianto, juga berkomitmen untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia. “Kami berharap bahwa dengan potensi demografi yang kita miliki, peningkatan SDM akan sejalan dengan peningkatan kesehatan dan pendidikan,” ujar Roro.

Dalam sektor pendidikan, Roro menyoroti kerja sama yang sudah berjalan antara kedua negara. Duta Besar Peru untuk Indonesia, Luis Tsuboyama, sebelumnya menyebutkan bahwa sudah ada bentuk kolaborasi pendidikan antara Indonesia dan Peru. Roro berharap potensi kerja sama di bidang akademik ini bisa terus berkembang, misalnya melalui program beasiswa dan penelitian kolaboratif, yang akan mempererat hubungan antarbangsa serta memperkaya wawasan budaya.

Selain pendidikan, bidang ekonomi juga menjadi salah satu topik utama dalam pertemuan ini. Roro menyebut bahwa Peru saat ini adalah mitra dagang terbesar keempat bagi Indonesia di kawasan Amerika Latin. Indonesia telah mengekspor berbagai produk seperti kendaraan, biodiesel, alas kaki, dan kertas ke Peru. Sebaliknya, Indonesia mengimpor biji cokelat, anggur, dan mineral fosfat dari Peru.

 

Sumber: antara