Urutan Kasta Tertinggi Platform Media Sosial Menurut Perilaku Netizennya

Urutan Kasta Tertinggi Platform Media Sosial Menurut Perilaku Netizennya

Urutan Kasta Tertinggi Platform Media Sosial -RJ-

Memang, dalam praktiknya, setiap platform media sosial memiliki karakteristik perilaku netizennya masing-masing. Perbedaan perilaku ini sebenarnya wajar, karena ada alasan-alasan tertentu yang mendasarinya (yang akan saya jelaskan lebih lanjut di bagian berikutnya).

Jadi, pada akhirnya tidak ada platform media sosial dengan kasta tertinggi. Yang sering kali ada adalah lingkungan media sosial yang bisa menjadi toksik, yang disebabkan oleh perilaku netizen di dalamnya. Hal ini telah diriset oleh beberapa media, di mana kalian bisa melihat sendiri data mengenai platform mana yang paling toksik.

Pada dasarnya, rata-rata usia pengguna sebuah platform memang mencerminkan perilaku netizen di platform tersebut. Namun, itu hanya sebatas data statistik.

Faktanya, di semua platform media sosial, baik netizen yang suportif maupun yang menyebalkan selalu ada, meskipun jumlahnya mungkin berbeda di setiap platform. Pada akhirnya, semua media sosial memiliki dampak yang sama, baik positif maupun negatif, tergantung pada bagaimana kita mengatur konsumsinya.

Jadi, kalian termasuk netizen seperti apa, dan platform media sosial mana yang sering kalian gunakan sehari-hari? Inilah gambaran kerandoman dan keunikan perilaku netizen di berbagai media sosial. Semua ini disebabkan oleh rata-rata kemampuan berpikir mayoritas penggunanya.

Namun, hal ini bukanlah masalah, karena media sosial bisa menjadi hal yang positif jika kita terus bersikap baik dan berbagi hal-hal positif, bukan kebodohan. Mari ciptakan lingkungan yang sehat di setiap media sosial, meski dengan kerandoman perilaku netizennya.

Sumber: