Sri Mulyani Pastikan Program Makan Bergizi Gratis Prabowo-Gibran Masuk APBN 2025

Sri Mulyani Pastikan Program Makan Bergizi Gratis Prabowo-Gibran Masuk APBN 2025

Sri Mulyani Pastikan Program Makan Bergizi Gratis Prabowo-Gibran Masuk APBN 2025--Sumber gambar: Antaranews.com

RADAR JABAR - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengonfirmasi bahwa beberapa program inisiatif baru dari Presiden dan Wakil Presiden Terpilih RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, seperti makan bergizi gratis, akan dimasukkan dalam struktur APBN 2025.

Sri Mulyani menjelaskan bahwa dirinya telah melaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden terpilih mengenai struktur APBN 2025 terkait dengan pembahasan awal di DPR RI, melalui Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM & PPKF).

"Posturnya diperkirakan tidak akan mengalami deviasi banyak dari yang sudah dibahas dengan DPR," ungkap Sri Mulyani usai rapat terbatas yang dipimpin Presiden Jokowi membahas rencana kerja Pemerintah, Nota Keuangan dan RAPBN Tahun 2025 di Kantor Presiden, Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

Sesuai arahan, Sri Mulyani menyatakan bahwa Presiden Jokowi menginginkan agar struktur APBN 2025 mampu menampung program-program prioritas dari Presiden terpilih, termasuk makan bergizi gratis.

 

BACA JUGA: Gibran Uji Coba Program Makan Bergizi Gratis Seharga Rp14.900 di Kabupaten Bogor



"Namun, karena ini adalah menampung sesuai dengan arahan Bapak Presiden saat ini, yaitu Presiden Jokowi bahwa APBN 2025 menampung program-program prioritas yang sudah disampaikan oleh pemerintahan presiden terpilih. Jadi, kami mulai menghitung untuk program-program yang sering disebut seperti makanan bergizi gratis. Kemudian juga beberapa program inisiatif baru yang sekarang ini sedang difinalkan dengan tim dari presiden terpilih. Ini sudah masuk di dalam postur APBN 2025." ungkapnya.

Mengenai anggaran untuk program makan bergizi gratis, Sri Mulyani menyatakan bahwa jumlahnya belum mengalami perubahan dan masih sebesar Rp71 triliun.

"Sampai saat ini yang kita sudah mendapatkan arahan dari Presiden saat ini dan Presiden terpilih adalah total anggarannya Rp71 triliun. Mengenai detilnya nanti adalah Bapak Presiden terpilih terus melakukan persiapan dengan timnya untuk pelaksanaannya," tuturnya.

Program makan bergizi gratis untuk anak-anak diinisiasi oleh Presiden dan Wakil Presiden Terpilih RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

 

BACA JUGA: Ini Alasan Anggaran Program Makan Bergizi Gratis Dipotong jadi Rp 7.500 per Anak

 

Pemerintahan Joko Widodo telah mengalokasikan Rp71 triliun dalam RAPBN 2025 untuk mendukung program tersebut.

Biaya untuk satu porsi makanan bergizi gratis diperkirakan sebesar Rp15.000.

Muncul isu bahwa anggaran untuk makan bergizi gratis dipangkas menjadi Rp7.500. Namun, isu tersebut dibantah oleh Wakil Presiden Terpilih RI Gibran Rakabuming Raka yang menegaskan bahwa anggaran untuk satu porsi makanan bergizi gratis tetap Rp15.000.

Sumber: antaranews.com