4 Sisi Gelap Indonesia yang Buat Rakyatnya Geleng-Geleng Kepala

4 Sisi Gelap Indonesia yang Buat Rakyatnya Geleng-Geleng Kepala

Sisi Gelap Negara Indonesia-RJ-

RADAR JABAR - Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau banyak orang. Negara kita sering dikunjungi turis untuk menikmati pariwisatanya. Namun di balik semua pesona yang ada, terdapat beberapa sisi gelap Indonesia yang pasti akan membuatmu geleng-geleng kepala.

Dari ujung Sabang sampai Merauke, tidak dapat dipungkiri bahwa Indonesia memiliki alam yang luar biasa, mulai dari pantai-pantai eksotis, pegunungan yang indah, hingga kekayaan sumber daya alam yang melimpah, seperti minyak, batu bara, dan komoditas lainnya. Nilai kekayaan sumber daya alam Indonesia diperkirakan mencapai Rp200.000 triliun.

Karena kekayaan sumber daya alam ini, sumber daya alam Indonesia sangat diminati di pasar internasional. Namun, hingga saat ini, kita masih jarang mengelola sumber daya alam kita sendiri dan cenderung bergantung pada pihak asing.

Hal ini menyebabkan kerugian, karena kita memiliki banyak sumber daya alam tetapi tidak dapat memanfaatkannya secara maksimal. Jika diasumsikan pembagian dengan investor asing sebesar 50%-50%, kekayaan Indonesia dari sumber daya alam bisa mencapai Rp100.000 triliun.

Meskipun ini hanya asumsi, uang sebanyak itu seharusnya bisa digunakan untuk melunasi utang dan membangun sejumlah sarana infrastruktur di seluruh Indonesia.

Selain sumber daya alam, Indonesia juga memiliki warisan budaya yang meliputi berbagai tradisi, bahasa, dan kepercayaan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

BACA JUGA:6 Sisi Gelap Presiden Soekarno yang Tak Terlupakan, Buaya hingga Diktator Jawa Sentris

Kekayaan budaya kita seharusnya bisa meningkatkan perputaran uang di Indonesia. Namun, di balik pesona yang memukau ini, Indonesia juga memiliki sisi gelap yang sering tersembunyi dari pandangan publik.

Mulai dari masalah-masalah sosial, ekonomi, dan politik yang hingga kini masih menjadi tantangan kompleks. Meskipun berbagai pihak telah berupaya keras mengatasi masalah-masalah tersebut, kenyataannya masih banyak yang harus diselesaikan.

Sebagai negara berkembang, penting bagi kita untuk tidak hanya menikmati keindahan Indonesia yang tampak di permukaan, tetapi juga memahami dan mengakui realitas yang ada di baliknya. Oleh karena itu, kami ingin membahas beberapa sisi gelap negara Indonesia.

1. Eksploitasi Kekayaan Alam Oleh Pihak Asing

Salah satu sisi gelap Indonesia yang paling parah menurut kami adalah eksploitasi oleh pihak asing di hampir semua sektor, seperti pertambangan, kehutanan, dan perikanan. Pihak asing mendapatkan izin untuk mengeksploitasi Indonesia dengan persyaratan yang merugikan negara, seperti pinjaman jangka panjang.

Ketergantungan pada utang dari asing jelas memberikan dampak negatif bagi perekonomian, dan tidak hanya merugikan secara ekonomi tetapi juga menyebabkan kerusakan lingkungan yang cukup parah.

Sebagai contoh, banyak hutan di Indonesia yang dirusak untuk kepentingan bisnis, dan eksploitasi tambang di daerah Papua juga menunjukkan betapa besar kerugiannya bagi Indonesia.

Sumber daya alam kita telah dieksploitasi oleh asing selama puluhan tahun, tetapi kita baru mendapatkan 50% saham perusahaannya sekarang. Menurut kami, ini jelas tidak sebanding.

Sumber: