Kementerian PUPR Percepat Pembangunan Sarana dan Prasarana di Ibu Kota Nusantara (IKN)

Kementerian PUPR Percepat Pembangunan Sarana dan Prasarana di Ibu Kota Nusantara (IKN)

Kementerian PUPR Percepat Pembangunan Sarana dan Prasarana di Ibu Kota Nusantara (IKN)--(Sumber Gambar : Antara)

RADAR JABAR - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mengupayakan kemajuan pembangunan berbagai sarana dan prasarana di Ibu Kota Nusantara (IKN) agar siap digunakan sebelum Upacara HUT ke-79 RI pada Agustus mendatang.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti, mengungkapkan bahwa hingga kini, pembangunan infrastruktur IKN, terutama yang ditangani oleh Kementerian PUPR, telah mencapai 82 persen.

"Kalau terkait dengan infrastruktur IKN, terutama yang dari Kementerian PUPR secara keseluruhan baik dari air, bina marga, dan perumahan batch pertama sudah 82 persen," ujar Diana saat mendampingi Presiden Joko Widodo pada peresmian rehabilitasi dan renovasi sarana dan prasarana pendidikan di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kamis.

Target Infrastruktur Mendasar

Kementerian PUPR menargetkan penyelesaian beberapa infrastruktur mendasar agar fungsional pada akhir Juli ini. Infrastruktur tersebut meliputi:

Pasokan Air Minum: Memastikan ketersediaan air bersih untuk kebutuhan di IKN.

Istana Kepresidenan: Pembangunan bagian lapangan, eksterior, dan interior hampir rampung, namun masih membutuhkan masa pemeliharaan.

Kantor Presiden: Ditargetkan selesai akhir Juli, termasuk pemasangan bilah-bilah garuda dan penyelesaian sumbu kebangsaan di depan istana.

Kantor Menko-Menko: Diharapkan bisa mulai digunakan pada akhir Juli.

Jalan Tol dan Memorial Park: Pembangunan jalan di depan istana presiden ditargetkan selesai pada Juli.

Rencana Berkantor di IKN

Diana memastikan bahwa kantor tersebut dapat mulai ditempati pada Juli, sesuai dengan rencana Presiden Jokowi untuk berkantor di IKN pada bulan tersebut, atau sebulan sebelum peringatan HUT RI.

"Sudah kita siapkan. Kemudian Pak Bas kan nanti akan tinggal di sana, Presiden juga akan tinggal di sana. Mudah-mudahan sesuai rencana," kata Diana, merujuk pada sapaan akrab Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Sumber: