Pertemuan Bilateral Prabowo Subianto dan Antony Blinken Bahas Strategi Gencatan Senjata Permanen di Gaza

Pertemuan Bilateral Prabowo Subianto dan Antony Blinken Bahas Strategi Gencatan Senjata Permanen di Gaza

Strategi Gencatan Senjata Permanen di Gaza--(Sumber Gambar : Antara)

RADAR JABAR - Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan) Prabowo Subianto bertemu dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu) Antony Blinken di Amman, Jordania, Selasa (11/6). Pertemuan ini berlangsung setelah keduanya menghadiri konferensi tingkat tinggi (KTT) yang membahas krisis kemanusiaan di Gaza, Palestina.

Dalam pertemuan bilateral tersebut, Prabowo dan Blinken berdiskusi mengenai strategi untuk mewujudkan gencatan senjata yang abadi di Gaza.

Menurut Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI, Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha, Menhan Prabowo menyatakan bahwa Indonesia menyambut baik adopsi Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) 2735. Resolusi ini diusulkan oleh Presiden AS Joe Biden dengan proposal tiga fase untuk gencatan senjata permanen di Gaza.

"Menhan Prabowo dalam kesempatan itu menyatakan Indonesia menyambut baik diadopsinya Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) 2735 yang diusulkan Presiden AS Joe Biden dengan proposal tiga fase untuk gencatan senjata permanen di Gaza," ujar Brigjen Edwin saat dihubungi di Jakarta, Rabu (12/6).

 

BACA JUGA:Prabowo Subianto Bahas Kerja Sama Pertahanan dengan Presiden UEA Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan

 

Dalam pertemuan tersebut, Prabowo juga menegaskan kesiapan Indonesia untuk bekerja sama dengan negara-negara yang saat ini mengupayakan mediasi antara Palestina dan Israel, termasuk Amerika Serikat, Mesir, dan Qatar.

"Indonesia siap bekerja sama dengan Amerika Serikat, Mesir, dan Qatar untuk memastikan perundingan tetap berjalan serta mewujudkan gencatan senjata permanen, perdamaian yang adil dan abadi di Palestina. Gencatan senjata yang segera, penuh, dan menyeluruh sangat penting untuk menghidupkan kembali proses perdamaian," kata Menhan Prabowo kepada Menlu Blinken.

Menlu Blinken, dalam kesempatan tersebut, menyampaikan terima kasih atas dukungan Indonesia terhadap usulan gencatan senjata di Gaza dan penegasan komitmen AS untuk segera menerapkan Kemitraan Strategis Komprehensif AS-Indonesia.

 

BACA JUGA:Wapres Harap Kabinet Prabowo-Gibran Diisi Oleh Kalangan Profesional

 

"Terima kasih kepada Menteri Pertahanan, terima kasih atas dukungan Indonesia terhadap usulan untuk segera gencatan senjata di Gaza dan segera membebaskan semua sandera," kata Blinken.

Sumber: branda antara