Rekomendasi 7 Camilan Khas Bandung Paling Harus Dicoba, Sangat Enak dan Terkenal

Rekomendasi 7 Camilan Khas Bandung Paling Harus Dicoba, Sangat Enak dan Terkenal

Colenak camilan khas Bandung merupakan singkatan dari ‘dicocol enak’-Rina Ruhiyani-Tangkapan layar via kanal YouTube Rina Ruhiyani

 

Sementara cara memasak cimol digoreng, cilok direbus dahulu sebelum dikukus agar tetap hangat. Cilok juga rasanya gurih dan bertekstur kenyal, namun bumbunya menggunakan saus kacang pedas bukan bumbu bubuk seperti cimol.

 

  1. Colenak

Colenak berasal dari singkatan ‘dicocol enak’. Makanan khas Bandung bercita rasa manis tersebut sudah mendunia, bahkan pernah disajikan dalam Konferensi Asia Afrika (KAA) di Kota Bandung pada 1955.

 

Soal bahan pembuatannya, colenak terbuat dari tape singkong (peyeum) yang dibakar. Kudapan khas Sunda ini dihidangkan dengan siraman campuran air gula jawa serta parutan kelapa.

 

BACA JUGA:Resep dan Cara Membuat Sambal Cumi Viral Super Gampang

 

  1. Combro

Masih makanan dengan nama dari singkatan, kali ini ada combro oncom dijero, yang dalam bahasa Indonesia bermakna oncom di dalamnya. Hidangan ini terbuat dari parutan singkong kemudian diisi oncom, sedangkan cara masaknya digoreng sampai kecokelatan.

 

Combro sering dijadikan makanan pendamping lauk dan nasi karena rasanya gurih. Meski begitu, hidangan ini enak juga sebagai camilan dimakan bersama gorengan lainnya.

 

  1. Surabi

Rasanya gak lengkap kalau datang ke Bandung tanpa mencicipi surabi. Makanan tradisional Bandung satu ini bisa dibilang timeless karena selalu menjadi hidangan favorit berbagai kalangan: tua maupun muda.

 

Sumber: