Hukum Menerima Donor Darah dari Nonmuslim, Kenali Juga Manfaatnya dalam Islam

Hukum Menerima Donor Darah dari Nonmuslim, Kenali Juga Manfaatnya dalam Islam

Hukum Menerima Donor Darah dari Nonmuslim-Ilsutrasi/Unsplash-

Manfaat kedua dari donor darah adalah dapat mendeteksi penyakit. Pasalnya, sebelum bisa mendonorkan darah, ada prosedur-prosedur yang harus dilewati terlebih dahulu. Salah satu dari tes tersebut adalah tes kualitas darah. Tahap ini memberikan informasi tentang baik atau tidaknya kondisi darah pendonor.

3. Meningkatkan produksi sel darah

Penting untuk diketahui, meskipun saat donor darah diambil dari tubuh kita, bukan berarti mengurangi kadar darah dalam tubuh secara permanen. Tubuh kita justru lebih cepat memproduksi sel darah baru untuk menggantikan yang telah diambil.

4. Memperpanjang umur

Manfaat terakhir dari donor darah adalah memperpanjang umur. Dalam ajaran Islam, umur adalah rahasia Allah, namun Islam juga mengajarkan bahwa berbuat baik merupakan cara untuk memanjangkan umur.

Rasulullah SAW bersabda dalam salah satu hadis yang artinya, "Silaturahim, akhlak yang baik, dan berbuat baik kepada tetangga dapat meramaikan perkampungan dan memanjangkan umur" (HR. Ahmad).

Dari hadis tersebut, wajar jika donor darah dipercaya bisa memanjangkan umur. Selain karena aktivitas tersebut bisa menjadi ajang silaturahmi, donor darah juga masuk dalam kategori berbuat baik.

Sumber: