Memperingati Hari Donor Darah Sedunia, Ketahui Inilah Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Tubuh!

Memperingati Hari Donor Darah Sedunia, Ketahui Inilah Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Tubuh!

Donor Darah--Istimewa

RADAR JABAR -  Donor darah adalah tindakan mulia yang memiliki banyak manfaat bagi penerima dan pendonor. Dengan melakukan donor darah, anda dapat membantu menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkan transfusi darah.

BACA JUGA: Hari Donor Darah Sedunia 14 Juni 2023: Sejarah, Tema, Tujuan

Selain itu, donor darah juga memberikan manfaat kesehatan bagi pendonor, seperti meningkatkan produksi sel darah baru, mengurangi risiko penyakit jantung, dan mempercepat pemulihan setelah operasi. Proses donor darah relatif sederhana dan aman, dilakukan di bawah pengawasan tenaga medis yang terlatih.

Jadi, mari bergabung dalam aksi donor darah dan rasakan sendiri manfaatnya bagi kesehatan dan masyarakat.

BACA JUGA: PMI Kota Bandung Pastikan Stok Donor Darah Aman

Namun, apakah kalian semua sudah mengetahui apa manfaat dari donor darah? Bila kalian masih belum tahu dan masih ragu untuk melakukan donor darah, simak manfaat donor darah dalam artikel berikut ini.

BACA JUGA: Daftar Makanan Sehat untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat dari donor darah bagi kesehatan tubuh yang perlu kalian ketahui, diantaranya adalah:

  1. Dapat Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah
    Melakukan donor darah secara teratur dan rutin dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Hal ini karena dengan melakukan donor darah secara rutin dapat menurunkan kekentalan darah dalam tubuh yang dimana hal itu merupakan salah satu faktor penyebab penyakit jantung.
  2. Dapat Mendeteksi Penyakit Serius
    Sebelum melakukan donor darah, biasanya kita wajib untuk memeriksa kondisi darah yang dimana dapat mendeteksi juga adanya penyakit serius dalam tubuh, seperti misalnya Sifilis, HIV, Hepatitis B, hingga Malaria. Dengan pemeriksaan darah secara rutin, dapat mengetahui beberapa penyakit yang terdeteksi dalam darah.
  3. Membantu Menurunkan Berat Badan
    Bagi anda yang sedang melaksanakan program penurunan berat badan, dengan melaksanakan donor darah secara rutin dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk menurunkan berat badan. Alasannya adalah menurunkan berat badan rata-rata membakar 650 kalori, sementara dengan donor darah dapat membakar 450 kalori darahnya.
  4. Dapat Membantu Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah
    Manfaat dar donor darah selanjutnya adalah mampu membantu produksi sel darah merah. Hal ini dikarenakan dengan melakukan donor darah secara rutin dapat menguatkan sumsum tulang belakang memproduksi sel darah merah yang baru dan menggantikan darah-darah yang berkurang, sehingga darah akan tergantikan dengan sel darah yang baru.

 

Selain itu, donor darah juga memiliki banyak manfaat bagi orang lain. Seperti misalnya kegiatan pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah lalu kemudian digunakan untuk mentransfusikan darah kepada orang yang membutuhkan darah.

Kondisi orang-orang yang membutuhkan donor darah ini seperti misalnya orang yang kecelakaan, operasi, organ transpalansi, kanker, anemia, penyakit sel sabit, hingga hemophilia.

Dengan melakukan donor darah juga dinilai sebagai kegiatan sosial dan kemanusiaan, karena dengan donor darah secara rutin dapat membantu sesame bahkan bisa menyelamatkan nyawa.

Tak hanya itu, melakukan donor darah secara rutin terbukti dapat membuat kondisi tubuh pendonor pun menjadi lebih sehat dan bugar. Dengan banyaknya manfaat dari donor darah, maka jangan takut lagi untuk melakukan donor darah ya.

Dengan mengetahui manfaat dari donor darah diatas, tak ada lagi alasan untuk tidak melakukan donor darah. Sebelum melakukan donor darah, para pendonor wajib melakukan serangkaian tes kesehatan terlebih dahulu guna cek fisik agar dalam keadaan sehat.

Tak kalah penting juga, sebelum melakukan donor darah pastikan juga asupan gizi dalam tubuh terutama kandungan zat besi harus tercukupi. Serta juga istirahat yang cukup dan minum air putih agar tubuh selalu dalam keadaan yang sehat dan prima.

 

 

 

Sumber: