9 Manfaat Biji Selasih Bagi Kesehatan Dari Penjaga Usus hingga Peningkat Kualitas Kulit!

9 Manfaat Biji Selasih Bagi Kesehatan Dari Penjaga Usus hingga Peningkat Kualitas Kulit!

Manfaat Biji Selasih Bagi Kesehatan -ilustrasi-(Sumber Gambar : Pixabay)

RADAR JABAR - Manfaat biji selasih ini sangat bagus untuk kesehatan dan memiliki rasa yang enak dan juga nikmat ketika di makan. Biasanya selalu menjadi campuran di sop buah atau minuman manis loh. 

Selasih, yang lebih dikenal sebagai basil, telah digunakan sejak zaman kuno karena nilai gizinya yang tinggi dan manfaat kesehatannya yang luar biasa. Biji selasih, atau biji rami, berasal dari tanaman selasih (Ocimum basilicum) dan terkenal akan kandungan nutrisinya yang kaya. Berikut adalah beberapa manfaat biji selasih yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. 

Manfaat Biji Selasih Bagi Kesehatan

1. Penjaga Kesehatan Usus yang Andal

Serat yang melimpah dalam biji selasih berperan sebagai prebiotik, yang merupakan makanan bagi bakteri baik usus.

Flora usus yang seimbang sangat krusial untuk sistem pencernaan yang sehat. Asupan serat yang cukup juga dapat melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Biji selasih mengandung asam lemak omega-3 yang dikenal memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan jantung. Asam lemak omega-3 ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Konsumsi biji selasih dalam jumlah yang tepat adalah 100 gram per hari. Dengan demikian, kalian dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin A dan serat yang diperlukan untuk menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi biji selasih secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Konsumsi biji selasih dalam bentuk salad, smoothie, atau sebagai pelengkap makanan dapat membantu kalian memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan jantung                  

Mengonsumsi biji selasih dengan kombinasi lain seperti ikan, alga, atau biji-bijian lain yang kaya akan asam lemak omega-3 dapat membantu meningkatkan efeknya pada kesehatan jantung

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selasih memiliki efek yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan dan antiinflamasi dalam biji selasih membantu melindungi tubuh dari radikal bebas dan peradangan, yang dapat memicu berbagai penyakit.

 

BACA JUGA:Manfaat dan Khasiat Biji Selasih

 

4. Membantu Melancarkan Haid

Bagi perempuan, mengonsumsi biji selasih dapat membantu melancarkan haid. Biji selasih dapat diolah menjadi minuman manis dengan mencampurkan air hangat dan bijinya tanpa tambahan perasa.

5. Mengobati Demam dan Obat Penenang

Sumber: berbagai sumber