Istilah Clean Eating yang Ternyata Banyak Manfaat Baiknya Bagi Kesehatan, Bisa Menurunkan Berat Badan Juga?

Istilah Clean Eating yang Ternyata Banyak Manfaat Baiknya Bagi Kesehatan, Bisa Menurunkan Berat Badan Juga?

Ilustrasi--Sumber gambar: freepik.com

RADAR JABAR - Clean eating atau pola makan bersih saat ini telah menjadi gaya hidup yang populer di kalangan dewasa ataupun muda khususnya yang sedang menjalani program diet ataupun memperbaiki pola hidup ke yang lebih sehat.

Pola makan ini berfokus pada pemilihan makanan alami, organik, dan segar yang diyakini dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Inti dari clean eating adalah memilih makanan utuh yang minim proses, serta menghindari bahan kimia dan pengawet. Banyak orang mengadopsi clean eating karena manfaat kesehatannya yang beragam.

 

Berikut ini manfaat dan panduang menjalani clean eating yang baik dan benar:

 

Keuntungan Mengonsumsi Makanan Utuh (Minim Proses)

Makanan utuh yang tidak melalui banyak proses dipercaya memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dibandingkan makanan olahan yang mengandung lemak, gula, garam, pengawet, dan pewarna tambahan.

Kandungan gizi yang lengkap seperti vitamin, mineral, protein, dan lemak sehat dalam makanan utuh dapat meningkatkan kesehatan jantung dan otak, mengontrol berat badan, memperkuat sistem imun, serta meningkatkan energi.

 

BACA JUGA: 10 Makanan yang Dapat Menaikan Berat Badan Secara Cepat

 

Panduan Clean Eating dan Contoh Makanannya

 

1. Pilih Sumber Karbohidrat Padat Nutrisi

Hindari karbohidrat olahan seperti roti tawar dan kue kering. Sebagai gantinya, pilihlah nasi merah, kentang dengan kulit, serta pasta atau roti gandum utuh. Biji-bijian utuh seperti oatmeal dan barley juga merupakan pilihan yang baik.

2. Konsumsi Banyak Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran segar harus menjadi bagian utama dalam menu clean eating. Konsumsilah minimal 5 porsi setiap hari dan hindari buah atau sayur beku maupun kalengan yang biasanya mengandung gula dan garam tinggi.

Sumber: