Ma’ruf Amin Sebut Jabar jadi Salah Satu Penopang Penting Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Ma’ruf Amin Sebut Jabar jadi Salah Satu Penopang Penting Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Wapres RI Ma'ruf Amin saat memberi sambutan dalam acara pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Jabar di Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa 23 April 2024.-Benardy Ferdiansyah-ANTARA

Radar Jabar – Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, mengatakan Provinsi Jawa Barat (Jabar) jadi salah satu penopang pertumbuhan ekonomi nasional. Itu dengan berbagai keunggulan yang provinsi tersebut punya.

 

“Jumlah populasi yang besar di Jawa Barat misalnya, menghadirkan potensi pasar yang besar pula. Selain itu, iklim investasi semakin kondusif, didukung dengan adanya konektivitas infrastruktur dan produktivitas tenaga kerja yang tinggi,” ucap Wapres Ma’ruf dalam sambutannya pada acara pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Jabar di Kota Bandung, Selas 23 April 2024, dikutip dari Antara.

 

“Saya juga menyambut baik rantai nilai produksi terintegrasi yang telah terbangun di wilayah ini,” tuturnya.

 

Lebih lanjut, Ma’ruf Amin menyebut Jabad di tingkat nasional merupakan salah satu penyumbang terbesar pada PDB nasional, pengekspor komoditas terbesar serta realisasi investasi tertinggi.

 

BACA JUGA:Harga Minyak Diprediksi Makin Melonjak Pasca Konflik Iran-Israel

 

“Saya harapkan capaian ini mampu dipertahankan, bahkan ditingkatkan, salah satunya melalui upaya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah,” ujar dia.

 

Selain itu, Wapres mendengar bahwa Jawa Barat saat ini sedang menggarap pelbagai proyek pengembangan pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau. Proyek-proyek itu selaras dengan prinsip kemaslahatan syariah.

 

Sebaliknya dalam usaha optimalisasi potensi besar ekonomi dan keuangan syariah, dia menyebut Pemprov Jabar terus memperkuat ekosistem infrastruktur ekonomi dan keuangan syariah. Ini termasuk dengan cara penyusunan peraturan dan rencana pembangunan daerah sektor ekonomi syariah.

 

BACA JUGA:RUPST bank bjb Sepakat Tebar Dividen Rp1 Triliun, 58,27 Persen dari Laba Bersih 2023

 

“Sebagai contoh, saat ini sudah ada regulasi tentang pembinaan dan pengawasan produk barang higienis dan halal serta tentang pengembangan ekonomi dan keuangan syariah,” imbuh Wapres.

 

Lebih lanjut, sosok yang merupakan Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) itu menjelaskan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang terus didorong oleh Pemprov pun sudah ada hasilnya. Provinsi Jawa Barat mendapatkan penghargaan di lima kategori Adinata Syariah pada 2023.

 

“Ke depan, saya minta pengembangan ekonomi dan keuangan syariah tetap selaras dan sinergis dengan prioritas pembangunan, kekhasan dan keunggulan daerah serta kekayaan sumber daya alam dan keragaman budaya.” Tukas Ma’ruf Amin.

Sumber: