9 Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas agar Tetap Segar dan Awet

9 Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas agar Tetap Segar dan Awet

Ilustrasi--Freepik/zinkevych

RADAR JABAR - Bagi yang masih bingung bagaimana cara menyimpan sayuran di kulkas, kami akan memberikan tips dan triknya dalam artikel ini!

Sayuran merupakan bagian penting dari diet sehat yang kaya akan nutrisi. Namun, seringkali tantangan terbesar adalah bagaimana menyimpan sayuran dengan benar agar tetap segar dan awet dalam waktu yang lebih lama.

Perlu diingat bahwa tidak semua jenis sayuran memiliki persyaratan penyimpanan yang sama, serta memiliki masa kadaluwarsa yang. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menyimpan sayuran di kulkas agar tetap segar dan awet.

1. Cuci dan Keringkan Sayuran Sebelum Menyimpannya

Sebelum menyimpan sayuran di dalam kulkas, pastikan untuk mencucinya dengan air mengalir dan sabun antibakteri berlabel food grade. Hal tersebut penting untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang dapat mempercepat pembusukan.

Namun, penting juga untuk tidak mengeringkan sayuran setelah dicuci karena hal ini dapat merusak strukturnya.

BACA JUGA:6 Rekomendasi Tempat Ngabuburit Hits di Kota Bandung

2. Pisahkan Buah dan Sayuran

Saat menyimpan sayuran di kulkas, pastikan untuk memisahkan mereka dari buah-buahan. Buah-buahan menghasilkan gas etilen yang dapat mempercepat pematangan sayuran dan menyebabkan mereka cepat membusuk. Jadi, simpanlah buah dan sayuran dalam wadah terpisah.

3. Memilah Sayuran Sebelum Disimpan

Sebelum menyimpan sayuran di kulkas, pastikan untuk memilahnya terlebih dahulu. Buanglah sayuran yang sudah rusak atau cacad, dan pastikan untuk menyimpan sayuran yang lebih segar terpisah dari yang sudah mulai membusuk.

4. Beri Ruang dan Sirkulasi Udara

Sayuran membutuhkan sirkulasi udara yang baik untuk tetap segar. Pastikan untuk tidak menumpuk sayuran terlalu rapat di dalam kulkas, dan beri mereka sedikit ruang untuk bernafas.

Gunakan wadah plastik yang telah dilubangi kecil untuk memastikan sirkulasi udara yang baik.

BACA JUGA:11 Sayuran yang Baik untuk Kulit Wajah yang Kaya Vitamin dan Nutrisi!

5. Pilih Jenis Wadah yang Tepat

Pilihlah wadah yang tepat untuk menyimpan sayuran di dalam kulkas. Wadah yang terbuat dari kaca atau plastik yang kedap udara lebih baik daripada wadah yang terbuat dari bahan lain seperti kertas atau aluminium foil.

6. Simpan Sayuran di Bagian Tertentu Kulkas

Berbeda jenis sayuran memiliki kebutuhan suhu dan kelembapan yang berbeda pula. Simpanlah sayuran di bagian kulkas yang sesuai dengan kebutuhannya.

Misalnya, sayuran berdaun lebih baik disimpan di bagian kulkas yang lebih dingin dan lebih lembab.

7. Perhatikan Masa Simpan Sayuran

Sumber: