Kapolres Jakarta Utara Pastikan 17 TPS Saja Akan Laksanakan Pemilu Lanjutan

Kapolres Jakarta Utara Pastikan 17 TPS Saja Akan Laksanakan Pemilu Lanjutan

Ilustrasi pemungutan suara dalam pemilu. Kapolres Jakarta Utara Pastikan 17 TPS Saja Akan Laksanakan Pemilu Lanjutan-freepik-Tangkapan layar via Freepik

Radar Jabar – Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Gidion Arif Setyawan menyebut 17 Tempat Pemungutan Suara (TPS) saja akan melaksanakan pemilu lanjutan. Secara umum, pelaksanaan Pemilu 2024 di wilayah Jakarta Utara (Jakut) berjalan aman dan kondusif.

 

“Secara umum pelaksanaan pemilu aman terkendali,” kata dia di Jakarta, Kamis 15 Februari 2024, dikutip dari Antara.

 

Gidion menjelaskan terdapat 17 TPS yang diputuskan untuk melaksanakan pemungutan suara lanjutan atau susulan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ia melnajutkan, terkait keterangan tersebut kewenangan ada di KPU.

 

Hujan deras yang menerpa Jakarta pada Rabu, kata dia, menyebabkan sejumlah kawasan Jakut tergenang banjir. Meski banjir pula berimbas pada sejumlah TPS, pelaksanaan pemungutan suara masih berlangsung baik secara umum.

 

BACA JUGA:Tom Lembong Respons Hasil Quick Count, Masih Optimis 2 Putaran pada Pilpres 2024

 

“Hanya 17 TPS yang diputuskan melakukan pemungutan ulang yang ada di dua kelurahan, yakni Pegangsaan Dua dan Sunter Jaya,” jelasnya.

 

Polres Metro Jakarta Utara akan menurunkan 902 personel dalam rangka pengamanan pemilu di kawasan itu. Terhitung ada 4.853 TPS dengan pemilih terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 1.345.136 orang.

 

“Untuk pengamanan pelaksanaan TPS kita berkolaborasi dengan TNI, Pemda, KPU, Bawaslu agar proses demokrasi ini dapat berjalan dengan aman dan kondusif,” ungkap Gidion.

 

KPU dijadwalkan mengadakan pemilu lanjutan di TPS itu hari Minggu 18 Februari 2024.

 

BACA JUGA:Tanggapan Komeng Usai Foto Unik Dirinya di Surat Suara Viral: Gak Tahu Tanda-tandanya

 

“Kami sudah melakukan rapat pleno pada Rabu malam dan diambil keputusan untuk menggelar pemilu lanjutan,” papar Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KPU Jakarta Utara Abie Maharullah Madugiri.

 

Menurut penjelasannya, dalam rapat pleno tersebut diambil keputusan melaksanakan pemilu lanjutan pada 17 TPS yang gagal menyelengarakan pemilu pada 14 Februari 2024 sebab rusaknya logistik pemilu gegara banjir.

 

“Insya Allah hari Minggu tanggal 18 Februari dilaksanakan.” Tukasnya.

Sumber: