BMKG Identifikasi Sesar Baru Sebagai Pemicu Gempa Bumi di Sumedang

BMKG Identifikasi Sesar Baru Sebagai Pemicu Gempa Bumi di Sumedang

Pemetaan Gempa di Sumedang pada 31 Desember 2023--Twitter/BMKG

"Gempa yang terjadi pada 31 Desember 2023 lalu tidak hanya dirasakan di Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung saja, namun juga dirasakan hingga Kota Bandung, Kabupaten Sumedang, hingga Kabupaten Garut," ujarnya

 

Sebagai langkah mitigasi, BMKG berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kantor Pencarian dan Pertolongan, serta Kementerian Sosial untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang gempa bumi. Pemahaman tersebut mencangkup langkah-langkah mitigasi dan penyelamatan diri sebelum, saat, dan setelah terjadinya gempa bumi.

 

Dwikorita menyatakan bahwa BMKG telah memberikan beberapa rekomendasi mitigasi kepada pemerintah daerah dan instansi terkait. Rekomendasi tersebut mencakup evaluasi rencana tata ruang dan wilayah Kabupaten Sumedang dengan mempertimbangkan peta zona bahaya gempa bumi dan paparan sesar aktif (Sesar Sumedang).

BACA JUGA:Ini yang Mengakibatkan Gempa! Berikut Daftar Beberapa Sesar Aktif di Jawa Barat

 

Selain itu, BMKG memberikan hasil evaluasi dan penerapan aturan standar bangunan tahan gempa berdasarkan peta mikro-zonasi berbasis Peak Ground Acceleration (PGA), serta merekomendasikan program edukasi dan sosialisasi bencana yang berkelanjutan.

 

BMKG juga menekankan pentingnya menjaga masyarakat agar tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak jelas sumbernya.*

Sumber: