Ini yang Mengakibatkan Gempa! Berikut Daftar Beberapa Sesar Aktif di Jawa Barat

Ini yang Mengakibatkan Gempa! Berikut Daftar Beberapa Sesar Aktif di Jawa Barat

Daftar Beberapa Sesar Aktif di Jawa Barat- Sesar Aktif di Jawa Barat-Instagram

RADAR JABAR - Potensi Gempa di Jawa Barat Terkait Dengan Sesar Aktif, setidaknya, terdapat beberapa Sesar Aktif di wilayah Jawa Barat yang memiliki potensi menyebabkan gempa bumi yang dapat merusak, terutama di daerah-daerah berlumpur.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa sesar atau patahan merupakan batas antara dua lapisan kulit bumi yang mengalami gerakan relatif.

Sesar biasanya merupakan daerah yang cenderung lemah, mengalami retakan, atau memiliki celah. Salah satu sesar yang saat ini ramai diperbincangkan adalah Sesar Cileunyi-Tanjungsari.

Sesar ini baru-baru ini memicu gempa dengan magnitudo 4,8 yang menyebabkan kerusakan signifikan pada ratusan rumah di Sumedang pada Minggu (31/1).

Namun, Sesar Cileunyi-Tanjungsari bukanlah satu-satunya sesar aktif yang dapat menimbulkan gempa di wilayah Pasundan.

Jawa Barat memiliki setidaknya delapan sesar yang memiliki potensi menyebabkan gempa, di mana enam di antaranya dominan memicu guncangan di Jawa Barat dan sekitarnya.

Menurut data gempa hingga Juni 2022, 27 dari 28 gempa darat pada periode tersebut disebabkan oleh aktivitas sesar-sesar tersebut.

Dua sesar lainnya yang perlu dicatat adalah Kelurusan Sesar Cileunyi-Tanjungsari dan sesar yang baru-baru ini terpetakan, yaitu Sesar Cugenang.

 

BACA JUGA:Imbas Gempa Sumedang, Terowongan Tol Cisumdawu dan RSUD Mengalami Keretakan

 

Sesar-Sesar Aktif di Jawa Barat:

1. Sesar Lembang:

Sesar Lembang terletak di utara Bandung dan membentang sekitar 30 kilometer dengan arah barat-timur.

Sesar ini merupakan jenis sesar mendatar (strike slip) dengan sedikit komponen vertikal. Di daerah Cibodas, sekitar 3 kilometer ke arah timur dari Maribaya, gawir sesar Lembang dapat diamati dengan baik.

Meskipun gawir sesarnya berkembang dengan baik, tidak ada jejak-jejak pergeseran seperti cermin sesar.

Sumber: