10 Kebiasaan yang Dapat Merusak Ginjal, Banyak Orang Tidak Menyadarinya

10 Kebiasaan yang Dapat Merusak Ginjal, Banyak Orang Tidak Menyadarinya

Kebiasaan yang Dapat Merusak Ginjal-RJ-

Hindari bumbu sereal, sarapan, dan roti putih, karena makanan tersebut merupakan sumber gula olahan yang kurang baik. Perhatikan komposisi bahan makanan saat berbelanja untuk menghindari tambahan gula dalam makanan.

5. Kebiasaan Minum Alkohol

Orang yang minum alkohol secara berlebihan memiliki peningkatan risiko penyakit ginjal kronis hingga dua kali lipat, terutama jika mereka juga merokok. Risiko ini bahkan dapat meningkat hingga 5 kali lipat. Oleh karena itu, kurangi asupan alkohol untuk menjaga kesehatan ginjal. Penting untuk diketahui bahwa batas minum alkohol dapat bervariasi tergantung jenis minuman yang dikonsumsi.

6. Minum Obat Pereda Nyeri Tanpa Pengawasan Dokter

Ketika tubuh terasa nyeri, kecenderungan kita adalah langsung mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas. Meskipun obat ini dapat meringankan rasa sakit, sayangnya, penggunaan tanpa pengawasan dokter dapat membahayakan ginjal, terutama jika sudah ada penyakit ginjal.

Penggunaan yang terlalu sering dapat menyebabkan masalah fungsi ginjal hingga gagal ginjal. Penting untuk mengurangi penggunaan obat pereda nyeri, terutama secara rutin, dan tidak pernah melebihi dosis yang disarankan.

7. Kebiasaan Merokok

Meskipun merokok sudah dikenal buruk untuk paru-paru dan jantung, namun ternyata juga tidak baik untuk ginjal. Orang yang merokok lebih mungkin mengalami peningkatan kadar protein dalam urine, yang merupakan tanda kerusakan ginjal.

8. Terlalu Banyak Konsumsi Daging

Kebiasaan mengonsumsi daging secara berlebihan dapat merusak fungsi ginjal. Khususnya, konsumsi berlebihan daging merah dapat membahayakan ginjal karena protein hewani menghasilkan asam dalam jumlah besar dalam darah.

BACA JUGA:Mitos dan Fakta tentang Pisang dan Manfaatnya bagi Penderita Ginjal

Hal ini berpotensi menyebabkan asidosis, di mana ginjal kesulitan menghilangkan asam dengan cukup cepat. Sebagai langkah pencegahan, disarankan untuk mengurangi porsi daging merah dalam konsumsi harian.

9. Kurang Tidur

Tidur malam merupakan hal yang sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kesehatan struktur ginjal. Fungsi ginjal diatur oleh siklus tidur bangun yang membantu mengatur beban kerja ginjal selama 24 jam.

10. Kurang Bergerak

Kebiasaan terlalu lama duduk atau berdiam diri dapat merusak ginjal. Kurangnya aktivitas fisik atau gerakan rutin terkait dengan peningkatan tekanan darah dan metabolisme glukosa yang normal. Keduanya merupakan faktor kunci dalam menjaga kesehatan ginjal.

Menghabiskan banyak waktu dalam keadaan diam tanpa gerakan dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal hingga 30%. Jika kita menghabiskan lebih dari 8 jam sehari duduk, terutama di tempat kerja, disarankan untuk berolahraga setidaknya dua sampai tiga kali seminggu.

Itulah 10 kebiasaan yang dapat merusak ginjal dalam waktu cepat atau lambat. Sayangi salah satu organ terpenting di tubuhmu ini dengan menjalani gaya hidup sehat mulai dari sekarang.

Sumber: