10 Kebiasaan yang Dapat Merusak Ginjal, Banyak Orang Tidak Menyadarinya

10 Kebiasaan yang Dapat Merusak Ginjal, Banyak Orang Tidak Menyadarinya

Kebiasaan yang Dapat Merusak Ginjal-RJ-

RADAR JABAR - Ginjal adalah organ tubuh yang sangat penting dengan sejumlah peran vital bagi tubuh kita. Salah satunya adalah membersihkan darah dari limbah metabolisme dan mengeluarkannya melalui urine, serta menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh.

Organ ginjal berbentuk mirip kacang, terletak di kedua sisi tubuh, dan memiliki beragam fungsi penting. Namun, ada beberapa kebiasaan dapat merusak ginjal dan perlu diwaspadai.

Kerusakan ginjal dapat berdampak pada seluruh organ tubuh, memicu masalah kesehatan seperti batu ginjal dan gagal ginjal. Gaya hidup buruk dapat menjadi pemicu kerusakan ginjal, memaksa penderitanya menjalani cuci darah.

Dengan mengurangi sederet kebiasaan ini, maka organ ginjalmu akan sehat lebih lama dan kualitas hidupmu akan meningkat.

Kebiasaan yang Dapat Merusak Ginjal

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan penyebab gagal ginjal yang perlu dihindari dan diwaspadai sebelum merusak kesehatan secara cepat atau perlahan.

1. Sering Menahan Buang Air Kecil

Kebiasaan ini dapat mengakibatkan gangguan dalam tubuh, seperti pembentukan batu ginjal. Urine yang sering mengandung mineral seperti asam urat dan kalsium oksalat dapat mengkristal seperti batu yang menumpuk di ginjal.

BACA JUGA:7 Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan, Sehat untuk Jantung dan Ginjal

Batu ginjal juga dapat terbentuk dari garam dan limbah dalam darah. Penting diketahui bahwa ekskresi atau pembuangan zat sisa dari tubuh, selain dari makanan dan minuman, adalah kebutuhan biologis manusia.

Salah satu proses ekskresi adalah buang air kecil. Oleh karena itu, menahan buang air kecil dapat mengakibatkan gangguan tubuh, termasuk pembentukan batu ginjal.

2. Kurang Konsumsi Air Putih

Menjaga kecukupan cairan tubuh penting untuk membantu ginjal mengeluarkan natrium dan zat beracun dari tubuh. Kurang minum air dapat merusak ginjal dan mengganggu keseimbangan air dan mineral dalam tubuh.

Memastikan cukup minum air putih setiap hari membantu menjaga kesehatan ginjal dan mencegah pembentukan batu ginjal. Untuk orang dewasa normal, minum satu setengah hingga 2 liter air putih dapat memenuhi kebutuhan harian.

3. Konsumsi Garam Secara Berlebihan

Meskipun garam memberikan rasa pada berbagai makanan, asupan yang berlebihan dapat membahayakan kesehatan ginjal. Kelebihan makan garam juga meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, yang dapat menjadi penyebab gagal ginjal jika tidak diatasi dengan cepat.

4. Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Gula berkontribusi pada obesitas, dan terlalu banyak mengonsumsinya dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan diabetes. Kedua penyakit ini merupakan penyebab utama penyakit ginjal. Selain dari makanan manis, gula sering ditambahkan ke makanan dan minuman yang mungkin tidak terasa manis.

BACA JUGA:Makanan dan Minuman yang Wajib Dihindari Agar Ginjal Tetap Sehat

Sumber: