5 Makanan Jepang yang Paling Favorit, Favorit Kamu yang Mana?

5 Makanan Jepang yang Paling Favorit, Favorit Kamu yang Mana?

Ramen--istimewa

Radar Jabar - Jepang terkenal tidak hanya karena keindahan alam dan budayanya yang kaya, tetapi juga karena kelezatan hidangan tradisionalnya.

Makanan Jepang telah mencuri hati pecinta kuliner di seluruh dunia dengan kombinasi unik rasa, presentasi cantik, dan kualitas bahan yang luar biasa. Berikut ini adalah lima Makanan Jepang yang paling favorit:

1. Sushi

Sushi adalah ikon kuliner Jepang yang sudah merambah ke seluruh dunia. Terdiri dari nasi yang dicampur dengan cuka beras, garam, dan gula, disajikan dengan berbagai jenis bahan seperti potongan ikan segar, kerang, atau sayuran. Ada berbagai jenis sushi, mulai dari nigiri yang simpel hingga maki yang dibungkus dengan nori. Keunikan rasa dan kecantikan presentasinya membuat sushi menjadi favorit di seluruh dunia.

BACA JUGA:8 Kuliner Korea yang Memikat Lidah, Wajib Dicoba!

2. Ramen

Ramen merupakan mie Jepang yang dihidangkan dalam kuah kaldu yang lezat. Setiap daerah di Jepang memiliki varian ramen yang berbeda, termasuk ramen shoyu (dengan kuah berbasis kecap), ramen miso (dengan kuah pasta kedelai fermentasi), dan ramen shio (dengan kuah garam). Ditambah dengan topping seperti irisan daging, telur rebus, dan rumput laut, ramen menjadi hidangan yang memanjakan lidah dan menghangatkan perut.

3. Tempura

Tempura adalah hidangan goreng Jepang yang terkenal dengan kelezatannya. Berbagai jenis makanan, seperti udang, sayuran, dan ikan, dilapis dengan adonan tipis dan digoreng hingga renyah. Tempura disajikan dengan saus tentsuyu yang memberikan rasa asin dan manis. Kelembutan dan kecrispyan tempura membuatnya menjadi favorit di restoran Jepang maupun di rumah.

4. Okonomiyaki

Okonomiyaki dikenal sebagai "pancake" atau "pizza Jepang." Hidangan ini terdiri dari adonan berbahan dasar tepung terigu, telur, kubis, dan berbagai bahan lainnya, yang kemudian dipanggang atau digoreng. Okonomiyaki biasanya dilumuri dengan saus okonomiyaki, mayones, dan serutan bonito kering yang memberikan rasa gurih dan manis. Hidangan ini sangat populer di festival dan restoran di seluruh Jepang.

BACA JUGA:6 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dikomsumsi Siang Hari Supaya Tidak Mengantuk Saat Bekerja

5. Sashimi

Sashimi adalah potongan ikan mentah yang disajikan dengan tata cara tertentu. Bedanya dengan sushi, sashimi biasanya tidak menggunakan nasi. Rasa asli dan segar dari ikan yang digunakan menjadi daya tarik utama. Sashimi sering disajikan dengan saus soy dan wasabi. Kombinasi tekstur lembut ikan dan keasaman saus soy menciptakan pengalaman makan yang tak terlupakan.

Sumber: