Profil dan Harta Kekayaan Nawani Pomolango, Ketua KPK Sementara yang Gantikan Firli Bahuri

Profil dan Harta Kekayaan Nawani Pomolango, Ketua KPK Sementara yang Gantikan Firli Bahuri

Profil Nawawi Pomolango dan Harta Kekayaan-CNN-

RADAR JABAR - Presiden Jokowi secara resmi melakukan pemberhentian sementara terhadap Firli Bahuri, yang menjabat sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi. Sebagai gantinya, Nawawi Pomolango telah diumumkan sebagai pengganti sementara dalam jabatan tersebut.

Masih banyak yang belum mengetahui profil Nawawi Pomolango dan perjalanan karirnya. Nawawi sebelumnya telah menjabat sebagai Wakil Ketua KPK sejak tahun 2019 dan dikenal sebagai seorang pemimpin KPK yang pernah dengan tegas mengkritik kinerja Firli Bahuri.

Profil Nawawi Pomolango

Berikut adalah profil singkat Nawawi Pomolango, Ketua KPK sementara yang mengawali karirnya sebagai hakim.

Ia lahir di Manado pada tanggal 28 Februari 1962 dan merupakan alumni jurusan Hukum Pidana Universitas Pasundan.

BACA JUGA:Firli Bahuri jadi Tersangka, Wakil Ketua KPK Minta Maaf

Karirnya dimulai di Pengadilan Negeri Soasio Tidore, Kabupaten Halmahera Tengah pada tahun 1992, dan ia telah mengalami beberapa mutasi selama kariernya.

Pada tahun 1996, Nawawi dipindahkan sebagai hakim di Pengadilan Negeri Tondano, Sulawesi Utara, dan pada tahun 2001, ia dipindahkan lagi ke Pengadilan Negeri Balikpapan.

Selanjutnya, pada tahun 2005, Nawawi dipindahkan ke Pengadilan Negeri Makassar. Ia juga menjabat sebagai Ketua Pengadilan Negeri Poso untuk masa jabatan 2010–2012.

Nama Nawawi mulai mencuat ketika bertugas di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada tahun 2011-2013, dan kemudian sebagai Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada tahun 2016.

BACA JUGA:Kronologi Penetapan Tersangka Ketua KPK Firli Bahuri, Terancam Hukuman Seumur Hidup

Hingga akhir 2017, ia naik jabatan sebagai hakim tinggi di Pengadilan Tinggi Denpasar.

Pada tanggal 20 Desember 2019, Nawawi Pomolango dan empat Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara resmi diambil sumpah jabatan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Saat pelantikan, Nawawi menjabat sebagai Wakil Ketua KPK untuk periode 2019-2023. Nawawi dikenal sebagai salah satu pimpinan KPK yang tidak ragu untuk memberikan kritik terhadap kinerja Firli Bahuri.

Sumber: