Kisah Qarun yang Tenggelam Bersama Harta Kekayaannya, Koruptor Zaman Nabi Musa

Kisah Qarun yang Tenggelam Bersama Harta Kekayaannya, Koruptor Zaman Nabi Musa

Kisah Qarun yang Tenggelam Bersama Harta Kekayaannya-Ilustrasi/Pixabay-

Selain menceritakan kesombongan dan keangkuhan Qarun, Allah SWT juga menceritakan azab yang diberikan kepadanya. "Maka kami benamkanlah Qarun bersama rumahnya ke dalam bumi, maka tidak ada baginya satu golongan pun yang menolongnya terhadap azab Allah, dan tidak ada dia termasuk orang-orang yang dapat membela dirinya" (Al-Quran, Surat Al-Qasas, Ayat 81).

Misteri Tempat Terpendamnya Harta Milik Qarun

Menurut Imam Ibnu Katsir, ini sesuai dengan Hadits Shahih yang diriwayatkan oleh al-Bukhari. Rasulullah SAW bersabda, "Tiba-tiba, seorang laki-laki yang menjulurkan pakaiannya tiba-tiba di longsorkan dan dia terbenam ke dalam bumi hingga hari kiamat."

Beberapa ulama berpendapat bahwa bumi membenamkan Qarun dan hartanya atas perintah Nabi Musa Alaihissalam setelah doa Nabi Musa kepada Allah SWT. Qarun terkubur bersama harta ke dalam perut bumi, dan tidak ada yang bisa menolongnya dari azab itu, bahkan Qarun sendiri tidak bisa menyelamatkan dirinya.

Qarun dipermalukan dalam sejumlah ayat di Al-Quran, sebagai pelajaran untuk generasi berikutnya agar tidak menyombongkan apa yang mereka miliki. Sebagian harta yang kita miliki mungkin adalah hak orang lain yang lebih membutuhkan, atau hasil dari doa orang tua kita yang Allah SWT kabulkan.

Oleh karena itu, sebaiknya kita tidak menyombongkan harta atau pencapaian kita, karena semuanya adalah karunia dari Allah SWT.

BACA JUGA:Mengenal Sejarah Al Hijr Sebagai Kota Metropolitan Kuno Terkutuk pada Zaman Kenabian

Buhairat Qorun yang berarti Danau Qorun, terletak di kota Fayyum, sekitar 60 km dari Kairo, Mesir. Di atas danau inilah Qarun membangun istananya atau rumahnya, dan di lokasi ini pula semuanya dibenamkan.

Di lokasi ini terdapat sebuah danau yang sangat luas, dengan panjang mencapai 30 km dan lebar sekitar 10 km. Danau ini memiliki kedalaman hingga mencapai 30-40 meteran, menurut dokter Rusydi Al Badrawy dalam bukunya "Qisasu Al-Anbiyaa wa al-Tarikh," yang kemudian dikutip oleh Syahruddin El Fikri.

Di tempat ini, pernah dilakukan sebuah penelitian yang difokuskan untuk membuktikan apakah benar terjadi bencana gempa bumi yang mengakibatkan tenggelamnya Qarun beserta istananya di danau tersebut.

Penelitian ini dilakukan oleh ahli geologi dari Eropa Barat, dan hasil kesimpulannya adalah bahwa memang terjadi bencana gempa bumi yang sangat besar, terutama di bagian selatan danau Qarun ini.

BACA JUGA:Kisah Nabi Khidir, Apakah Keturunan Firaun? Ketahui Silsilah Lengkapnya

Hal ini membuktikan bahwa kisah Qarun dalam Al-Quran pernah terjadi di sekitar danau tersebut, sejalan dengan keyakinan penduduk setempat bahwa Qarun dulunya tinggal di wilayah yang sekarang bernama Alvalum.

Salah satu bukti arkeologis yang bisa ditemukan di lokasi tersebut adalah reruntuhan bangunan yang diduga merupakan bagian dari tempat tinggal Qarun. Situs ini berjarak sekitar 2 km dari Danau Qarun.

Menurut beberapa sumber, bangunan yang masih berdiri kokoh tersebut adalah bagian dari benteng yang dibangun oleh Qarun. Sebenarnya istana Qarun ini belum selesai digali, mungkin karena pemerintah Mesir tidak menganggarkan dana untuk penggalian lebih lanjut.

Sumber: