7 Makanan yang Bisa Menaikan Mood, Dijamin Good Mood Setiap Hari!

7 Makanan yang Bisa Menaikan Mood, Dijamin Good Mood Setiap Hari!

7 Makanan Yang Bisa Naikin Mood--(Sumber gambar: pixabay.com)

RADAR JABAR - Kita semua pernah mengalami hari-hari ketika mood kita sedang tidak stabil.Baik itu karena tekanan dari pekerjaan, masalah pribadi, atau bahkan cuaca yang buruk, mood yang buruk bisa memengaruhi produktivitas, hubungan sosial, dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Namun, tahukah Anda bahwa makanan juga dapat berperan besar dalam mengatasi masalah mood? Ya, makanan tidak hanya memengaruhi tubuh kita secara fisik, tetapi juga emosional.

Berikut adalah 7 makanan yang bisa membantu meningkatkan mood Anda secara alami:

1. Dark Chocolate

Kita mulai dengan yang manis! Dark chocolate, terutama yang mengandung setidaknya 70% kakao, adalah salah satu makanan yang terbukti dapat meningkatkan mood. Ini karena dark chocolate mengandung senyawa bernama flavonoid, yang dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan produksi hormon endorfin yang membuat kita merasa bahagia.

Selain itu, kandungan feniletilamin dalam dark chocolate dapat meningkatkan perasaan euforia. Namun, pastikan untuk mengonsumsinya dengan bijak karena dark chocolate juga mengandung kalori yang tinggi.

BACA JUGA:Cara Menjaga Kepercayaan dengan Pasangan, Agar Saling Tetap Percaya Satu Sama Lain!

2. Ikan Salmon

Ikan salmon adalah sumber omega-3 asam lemak yang kaya, terutama asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA). Omega-3 telah terbukti memiliki efek positif pada kesehatan mental dan dapat membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan.

DHA, khususnya, adalah komponen utama otak, dan konsumsi yang cukup dapat mendukung fungsi otak yang optimal. Ikan salmon juga mengandung vitamin D, yang dapat memengaruhi produksi serotonin, neurotransmitter yang memainkan peran penting dalam regulasi mood.

3. Buah-buahan Beri

Buah-buahan beri seperti blueberry, strawberry, dan raspberry mengandung antioksidan yang kuat, termasuk vitamin C. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan stres oksidatif dan memengaruhi mood.

Selain itu, beri-berian mengandung flavonoid yang dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan kognisi. Makan buah-buahan beri sebagai camilan sehat atau tambahkan ke smoothie pagi Anda untuk mendapatkan manfaat mood-boosting ini.

4. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti almond, kenari, biji bunga matahari, dan chia seeds adalah sumber yang kaya akan nutrisi penting seperti magnesium dan triptofan. Magnesium dapat membantu mengatur aktivitas neurotransmitter yang berperan dalam regulasi mood, sementara triptofan adalah prekursor serotonin, hormon yang membantu mengatur mood dan tidur. Makan sejumput kacang-kacangan atau biji-bijian sebagai camilan dapat memberikan energi stabil dan membantu mengatasi perubahan mood yang tiba-tiba.

5. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan kale adalah sumber yang kaya akan asam folat. Asam folat adalah nutrisi yang diperlukan untuk produksi neurotransmitter seperti serotonin, dopamin, dan norepinefrin.

Kekurangan asam folat telah terkait dengan risiko lebih tinggi mengalami depresi. Selain itu, sayuran berdaun hijau juga mengandung vitamin K, yang dapat meningkatkan kesehatan otak. Tambahkan sayuran berdaun hijau ke dalam salad atau smoothie Anda untuk meningkatkan mood dan kesehatan secara keseluruhan.

6. Yogurt dan Probiotik

Kesehatan usus kita dapat memengaruhi mood kita lebih dari yang kita sadari. Kandungan bakteri baik dalam yogurt dan makanan probiotik lainnya dapat membantu menjaga keseimbangan flora usus yang sehat. Penelitian telah menunjukkan bahwa adanya hubungan antara kesehatan usus dan mood, dan konsumsi probiotik dapat membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Selain itu, yogurt juga mengandung protein, yang penting untuk produksi neurotransmitter.

7. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan sarapan yang sehat dan lezat yang dapat membantu meningkatkan mood Anda. Oatmeal mengandung karbohidrat kompleks yang dilepaskan secara perlahan ke dalam aliran darah, yang dapat membantu menjaga tingkat gula darah yang stabil.

Sumber: