Gunung Gede Pangrango Diselimuti Es, Pendaki Harus Siapkan Ini

Gunung Gede Pangrango Diselimuti Es, Pendaki Harus Siapkan Ini

Fenomena es atau salju terjadi di puncak Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat-Ilustrasi es di gunung Indonesia - Eka Romadhoni/ANTARA-

CIANJUR - Fenomena es atau salju terjadi di Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat, juga sampai di Alun-alun Suryakencana. Fenomena ini sering terjadi setiap musim kemarau.

Saat itu, suhu udara di puncak Gunung Gede-Pangrango biasanya menurun drastis, menyebabkan air embun membeku.

Tiba-tiba, fenomena es menutupi kawasan puncak Gunung Gede Pangrango menjadi viral di media sosial (medsos).

Video-video dari para pendaki Gunung Gede-Pangrango menunjukkan tanaman, tenda, dan jaket para pendaki terhampar oleh lapisan tipis es yang menyerupai salju.

BACA JUGA:Pesona Gunung Rinjani, Menikmati Keindahan Alam Indonesia di Atap Lombok

"Seperti di Dieng dan Bromo. Di Gunung Gede Pangrango juga mengalami penurunan suhu udara hingga ke titik beku," kata Kepala Balai Besar TNGGP Sapto Aji, pada Rabu 2 Agustus 2023.

"Sehingga terjadi fenomena tanaman hingga tenda diselimuti es di puncak," sambungnya.

Sapto menyarankan agar para pendaki lebih teliti dalam mempersiapkan diri sebelum mendaki, termasuk kondisi fisik, persediaan logistik, dan peralatan yang nyaman.

"Pendaki diimbau lebih mempersiapkan diri, dari fisik, peralatan standar, hingga jaket," ujarnya.

"Kondisi suhu udara tersebut membuat pendaki rentan mengalami hipotermia," lanjutnya.

Selain itu, Sapto telah memastikan bahwa tim petugas siap sedia untuk membantu pengunjung yang perlu dievakuasi, dengan bantuan dari masyarakat dan relawan.

"Jangan memaksakan mendaki jika kondisi badan tidak fit di tengah cuaca dingin seperti ini. Bawa jaket tebal, baju ganti, peralatan standar," pungkasnya.

Sumber: